Liswati,, Liswati (2013) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI I GAPURA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Cover)
A. HALAMAN LUAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (Skripsi)
K. KUMPULAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Liswati, EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI I GAPURA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Kata Kunci : Efektivitas Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi Kelompok, Peningkatan Kecerdasan Emosional. Kecerdasan emosional adalah kemampuan siswa untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Dalam memenuhi misinya itu sekolah perlu menyelenggarakan kegiatan pendidikan dalam arti yang seluas-luasnya. Penyelenggaraan pengajaran dan pelayanan saja, apalagi kalau pengajaran dan pelayanan itu diartikan secara sempit, dikhawatirkan di satu segi menjurus kepada pengembangan kemampuan kognitif yang tidak seimbang,di segi lain tidak banyak menyentuh pengembangan kecerdasan emosi anak secara serasi, selaras, dan seimbang. Sekolah dengan sekuat tenaga perlu menciptakan suasana pengajaran dan pelayanan dan suasana tempat yang menyejukkan, bersemangat, luwes dan subur. Isi pelayanan dalam arti luas itu secara langsung mengait materi-materi yang relevan tentang kecerdasan emosi itu. Rumusan Masalah dalam penelitiaan ini meliputi (a) Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok di SMAN I Gapura tahun pelajaran 2013/2014?, (b) Bagaimana kecerdasan emosional siswa kelas XI SMAN I Gapura tahun pelajaran 2013/2014?, Dan (c) Seberapa jauh efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas XI SMAN I Gapura tahun pelajaran 2013/2014?.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTBK. Pelaksanaan pada penelitian ini direncanakan sebanyak 2 siklus, yakni siklus I dan siklus II. Sedangkan prosedur pelaksanaan dari masing-masing siklus akan melalui tahapan kegiatan sebagai berikut: (1) planning, (2) acting, (3) observing, dan (4) reflecting. Objek yang dijadikan dasar dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN I Gapura yang berjumlah 10 orang dengan 5 siswi perempuan dan 5 siswa laki-laki. Instrumen penelitian terdiri atas: (1) observasi dan (2) wawancara. Instrumen ini untuk menilai perilaku peserta didik selama proses bimbingan kelompok. Analisis dalam penelitian ini dikenakan atas sejumlah data-data hasil pengumpulan data melalui observasi pada siklus I nilai rata- rata 63 dengan kategori ‘sedang’. Dan pengumpulan data melalui observasi pada siklus II nilai rata- rata 88 dengan kategori ‘amat baik’. Sedang data melalui hasil wawancara dengan peserta anggota bimbingan kelompok hasil jawabannya sangat dewasa memiliki perubahan prilaku yang baik yaitu di dukung oleh pola prilaku yang baik waktu bimbingan kelompok masih berlangsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi Kelompok, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 09 May 2018 05:29 |
Last Modified: | 09 May 2018 05:29 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/109 |
Actions (login required)
View Item |