Galuh Nur, Afini Arimbati (2015) KORELASI TINDAKAN PUNISHMENT DALAM BENTUK HUKUMAN SKOR POIN DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Abstrak Ind.)
IND.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Abtract Eng)
ENG.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustak)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Galuh Nur Afini Arimbati, 2015. Korelasi Tindakan Punishment Dalam Bentuk Hukuman Skor Poin dengan Kedisiplinan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sumenep Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia. Dosen Pembimbing I: Agus Sudarman, S.Pd, M.Psi dan Dosen Pembimbing II: Drs. Moh. Hasan, M.Si. Kata kunci : Tindakan Punishment, Hukuman Skor Poin, Kedisiplinan Siswa Skripsi ini membahas tentang tindakan punishment dalam bentuk hukuman skor poin dengan kediisiplinan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sumenep. Kajiannya dilatar belakangi perilaku siswa SMA Negeri 1 Sumenep yang kurang berdisiplin dalam mematuhi tata tertib sekolah. dan upaya yang dilakukan sekolah dalam membina kedisiplinan siswa. Tindakan punishment dalam bentuk hukuman skor poin ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1. Adakah korelasi dengan kedisiplinan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sumenep, 2. Seberapa besar korelasi dengan kedisiplinan siswa kelas X di SMA Negeri1 Sumenep. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi tindakan punishment dalam bentuk hukuman skor poin (X) terhadap kedisiplinan siswa (Y) kelas X di SMA Negeri 1 Sumenep, 2. Untuk mengetahui besarnya korelasi tindakan punishment dalam bentuk hukuman skor poin (X) terhadap kedisiplinan siswa (Y) kelas X di SMA Negeri 1 Sumenep. Subyek penelitian ini sebayak 35 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling bertujuan (purposive sampling). Pengumpulan data menggunakan isi buku saku dan wawancara tidak terstruktur dengan konselor, siswa dan guru setempat untuk mendapatkan data mengenai tindakan punishment dalam bentuk hukuman skor poin (X). Sedangkan untuk mendapatkan data tentang kedisiplinan siswa (Y) maka digunakan instrument angket. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, wawancara dan metode dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan program SPSS versi 16.00 for window, dan disimpulkan dari hasil analisis melalui tabel uji prasyarat dan uji hipotesis. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji normalitas diperoleh hasil mean hukuman skor poin adalah 56.86 dan kedisiplinan siswa adalah 131.11. Nilai hukuman skor poin = 1.294 dan nilai kedisiplinan siswa = 0.493. Hasil uji linear dapat diketahui signifikan sebesar 0.000. Terdapat hubungan negatif antara tindakan punishment konselor dalam bentuk hukuman skor poin terhadap kedisiplinan siswa, meskipun penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi rxy = -0.822 yang menunjukkan signifikansi korelasi yang sangat kuat. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi bagi pihak terkait dalam menerapkan hukuman skor poin sebagai suatu langkah membina sikap kedisiplinan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah apabila semakin tinggi hukuman skor poin maka semakin rendah kedisiplinan siswa, sebaliknya semakin rendah hukuman skor poin maka semakin tinggi kedisiplinan siswa. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah agar tetap menjalankan kedisiplinan dalam segala aktifitas. Serta dalam melakukan upaya pembinaaan tidak harus menggunakan hukuman-hukuman kekerasan. Namun hukuman juga bisa dilakukan dengan bijak dan mempunyai manfaat bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tindakan Punishment, Hukuman Skor Poin, Kedisiplinan Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mufti Syaifuddin |
Date Deposited: | 24 Jul 2018 03:12 |
Last Modified: | 24 Jul 2018 03:12 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/221 |
Actions (login required)
View Item |