EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF MANAGEMENT TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA KELAS XI DI SMKN 1 KALIANGET TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RB. Agus, Ferdiansyah (2015) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF MANAGEMENT TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA KELAS XI DI SMKN 1 KALIANGET TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Pengesahan dsb)
Lembar Persetujuan - Daftar Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF MANAGEMENT TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA KELAS XI DI SMKN 1 KALIANGET TAHUN PELAJARAN 2015/2016 RB. Agus Ferdiansyah Abstrak Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, namun di dalam pendidikan terdapat masalah yang kompleks yang memerlukan penanganan dari berbagai macam permasalahan. Belakangan ini, membolos merupakan masalah yang sering terjadi pada siswa. Permasalahan itu terjadi karena tidak adanya kesadaran dan pengendalian diri terhadap perilaku. Masalah tersebut apabila tidak segera diatasi akan semakin mengancam kehidupan generasi bangsa kita khususnya, dan tata kehidupan sosial masyarakat pada umumnya. Siswa yang tidak dapat mengatur dirinya sendiri pada umumnya tidak dapat disiplin, Siswa yang membolos memerlukan pemahaman diri, sehingga ia perlu merubah perilaku tersebut agar disiplin sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok dengan strategi self management terhadap perilaku membolos pada siswa kelas XI di SMKN 1 Kalianget Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah pre - eksperimen dengan jenis pretest dan posttest one group design, sedangkan subjek penelitiannya adalah 15 siswa yang memiliki tingkat membolos rendah – tinggi di SMK Negeri 1 kalianget. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang membolos adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon atau Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil analisis Uji wilcoxon menunjukkan bahwa pada baris Asymp sig telihat bahwa nilai sig. 0,001 ( < 0,05), maka keputusan yang di ambil adalah menerima Hipotesis alternatif (Ha) dan menoloak Hipotesis nol (H0) sehingga dapat di simpulkan bahwa pengambilan keputusan berdasarkan propabilitas nilai signifikansi p-value sebesar 0,001 (< 0,05) terdapat perbedaan skor yang signifikan terhadap perlakuan pretest dan post-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi self management terhadap perilaku membolos pada siswa kelas XI di SMKN 1 Kalianget Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci : strategi self management, konseling kelompok, membolos

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi self management, konseling kelompok, membolos
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mufti Syaifuddin
Date Deposited: 25 Jul 2018 03:33
Last Modified: 25 Jul 2018 03:33
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item