Samsul, Arifin (2015) PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA MA NURUL ULUM MANDALA RUBARU TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Cover)
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstraksi)
3. Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Isi)
4. Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
5. Bab I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
6. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
7. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
8. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
9. Bab V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
10. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kreativitas Belajar Siswa MA Nurul Ulum Mandala Rubaru Tahun pelajaran 2014-2015. Samsul Arifin Kata Kunci : Layanan informasi, kreativitas belajar dan eksperimen. Kreativitas belajar adalah suatu proses dalam mengekspresikan kemampuan untuk melakukan perubahan pada diri seorang pelajar, baik secara fisik maupun psikis atau proses berpikir siswa bagaimana membuat kombinasi baru berdasarkan data dan informasi untuk menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap penyelesaian suatu masalah dari hasil belajar yang mereka lakukan melalui bimbingan dan pengarahan guru disekolah, sehinggan siswa menjadi manusia yang mandiri dalam hidupnya. Untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dpat dilakukan melalui layanan informasi. Layanan informasi adalah layanan Bimbingan dan Konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) menerima dan memahami berbagai informasi (seperti informasi pendidikan dan informasi jabatan) yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan peserta didik (klien). Klien tidak hanya peserta didik tetapi bisa juga orang tua atau wali. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan informasi terhadap kreativitas belajar siswa MA Nurul Ulum Mandala Rubaru Sumenep Tahun Pelajaran 2014-2015. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen yaitu pre experimental design dengan model one group pretest and posttest design. Subyek (sampel) dalam penenlitian ini sebanyak 36 siswa yang diambil dari 25% dari jumlah populasi sebanyak 145. Teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling. Alat pengumpulan data kreativitas belajar siswa yang digunakan adalah skala kreativitas belajar dengan model likert. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Paired Sampel t test dengan bantuan komputerisasi program SPSS versi 16.0 for windows. Hasil analisis statistik diperoleh hasil thitung sebesar 4.046 . sedangkan ttabel pada N (36) = 1.690 pada taraf kesalahan 5%. Dapat disimpulkan bahwa, karena nilai thitung 4.046 > ttabel 1,690, sedangkan nilai probabilitas atau Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, maka hipotesis Ha : Ada Pengaruh Layanan Informasi terhadap Kreativitas Belajar Siswa Madrasah Aliyah Nurul Ulum Mandala Rubaru Sumenep Tahun Pelajaran 2014-2015, diterima dan hipotesis yang menyatakan Ho : Tidak ada pengaruh Layanan Informasi terhadap Kreatvitas Belajar Siswa Madrasah Aliyah Nurul Ulum Mandala Rubaru Sumenep Tahun Pelajaran 2014-2015β, ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan informasi, kreativitas belajar dan eksperimen. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mufti Syaifuddin |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 03:58 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 03:58 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/241 |
Actions (login required)
View Item |