Maya, Agustin (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERMEDIA ALAT PERAGA DADU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PELUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALIANGET TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Text (Cover)
cover skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Isi)
daftar isi (2).pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Maya Agustin, 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Bermedia Alat Peraga Dadu Pada Pembelajaran Matematika Materi Peluang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalianget Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Alat Peraga Dadu, Pendekatan Saintifik, Hasil belajar merupakan pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Untuk mencapai hasil belajar yang baik, maka penting bagi setiap guru memahami sebaik-baiknya tentang proses belajar murid, agar ia dapat memberikan bimbingan dan menyediakan lingkungan belajar yang tepat dan serasi bagi murid-murid. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman konsep suatu pembelajaran kepada siswa dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahawa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak bergantung pada informasi searah dari guru. Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika melibatkan keterampilan proses seperti mengamati, mengklarifikasi, mengukur, meramalkan, menjelaskan, dan menyimpulkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik bermedia alat peraga dadu pada pembelajaran matematika. Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kalianget pada bulan April-Juni 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalianget. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA 4 SMA Negeri 1 Kalianget. Materi dalam penelitian ini adalah Peluang. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi, angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik bermedia alat peraga dadu, dan pedoman tes yang dianalisis secara perhitungan statistik dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik bermedia alat peraga dadu pada pembelajaran matematika materi peluang terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalianget dapat dikatakan berhasil. Respon siswa terhadap pembelajaran matematika juga baik. Hal ini dapat dilihat dari sewaktu pembelajaran berlangsung, kondisi siswa cukup terkendali dan skor rata-rata keseluruhan untuk tabel respon siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalianget setelah mengikuti pembelajaran matematika menggunakan pendekatan saintifik bermedia alat peraga dadu dikategorikan baik. Sedangkan hasil uji-t dari data pre-test dan post-test didapat nilai thitung = 10,478 > t0,975:35 = 2,03. Jadi H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, ada pengaruh pendekatan saintifik bermedia alat peraga dadu pada pembelajaran matematika materi peluang terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalianget.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media Alat Peraga Dadu, Pendekatan Saintifik, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mufti Syaifuddin |
Date Deposited: | 27 Jul 2018 02:21 |
Last Modified: | 27 Jul 2018 02:21 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/259 |
Actions (login required)
View Item |