Andiyanto, Andiyanto (2015) PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN TERHADAP KEMAMPUAN MANIPULATIF SISWA KELAS V SDN BLUTO I. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Cover)
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (Pengesahan Penguji)
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Pengesahan Pembimbing)
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pengaruh Pemberian Permainan Terhadap Kemampuan Manipulatif Siswa Kelas V SDN Bluto I: 2015. Andiyanto Kata Kunci : Permainan dan Manipulatif Pada masa anak-anak usia 6-12 merupakan masa dimana mereka senang bermain. Permainan merupakan media atau wadah bagi anak-anak untuk mengekspresikan semua potensi yang dimilikinya.Dalam melakukan aktivitas (bergerak atau bermain), anak-anak memerlukan modal dasar untuk bergerak.Dengan modal dasar gerak itu anak dapat melakukan aktivitasnya, akan tetapi untuk aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan gerak dasar itu, anak perlu mendapatkan bimbingan ke arah kesempurnaannya sejalan dengan masa pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam hal inilah, pendidikan formal di sekolah melalui mata pelajaran pendidikan jasmani hendaknya dapat mengarahkan dan membimbing untuk kesempurnaan dan kehalusan gerak yang dilakukan anak. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment atau disebut juga eksperimen semu dengan menggunakan rancangan pre-test and post-test group menurut Arikunto (2006: 85). Dari pendapat tersebut dikatakan bahwa pre-test and post-test group adalah sebuah desain penelitian eksperimen di mana satu kelompok tersebut dilakukan sebuah observasi sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Observasi yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test, dan observasi sesudah eksperimen disebut post-test.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas V SDN Bluto Iyang berjumlah 32 siswa,karena dalam penelitian ini jumlah populasinya kurang dari seratus maka populasi yang dijadikan sampel diambil semua sebagai subjek penelitian. Sebagai mana yang dikemukakan oleh arikunto bahawa jika populasi dalam penelitian kurang dari 100 maka sampelnya diamabil semuanya Terakhir pengujian hipotesis didapat koefisien korelasi rx1y (korelasi Dengan mengkonsultasikan nilai thitung dan nilai ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak karena nilai thitung19,176> nilai ttabel 1,697. Dengan kata lain bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes kemampuan manipulativesebelum dan sesudah diberikan modelpermaiankecil terhadapkemampuanmanipulatifr padaSiswaKelas V SDN Bluto I. Penerapan permainan kecil dapat meningkatkan kemampuan manipulatifsebesar 17,76% padaSiswa Kelas V SDN Bluto I
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan dan Manipulatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mufti Syaifuddin |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 02:51 |
Last Modified: | 22 Oct 2018 02:51 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/317 |
Actions (login required)
View Item |