HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS V SDN BATUPUTIH DAYA III TAHUN AJARAN 2014/2015

Moh., Hafid (2015) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS V SDN BATUPUTIH DAYA III TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi]
Preview
Text (Daftar Isi)
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Pengesahan] Text (Pengesahan)
Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Orisinalitas] Text (Orisinalitas)
Halaman Keorisinilan Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Persetujuan] Text (Persetujuan)
Halaman Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Abstraksi]
Preview
Text (Abstraksi)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Pembelajaran Penjasorkes Siswa Kelas V SDN Batuputih Daya III T.A 2014/2015 : Moh. Hafid Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Hasil Pembelajaran Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih hasil belajar yang tinggi diperlukan kecerdasan intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi hasil belajar seseorang tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi, salah satunya adalah kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peranan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar penjaskes pada siswa kelas V SDN Batuputih Daya III. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerja sama) dengan orang lain sedangkan hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar yang dilakukan berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik yang diwujudkan berupa angka-angka. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar penjaskes siswa kelas V SDN Batuputih Daya III dan Hipotesis nihil (Ho) adalah tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar penjaskes siswa kelas V SDN Batuputih Daya III. Populasi penelitian ini adalah semua kelas V SDN Batuputih Daya III yang berjumlah 20 orang. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu kecerdasan emosional dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar penjaskes. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Statistik Korelasi Product Moment untuk membenarkan hipotesis yang diajukan. Hasil analisis statistik adalah menyatakan bahwa nilai r yang diperoleh dari hasil penelitian adalah 0.99, jika nilai tersebut diinterpretasi koefisiensi korelasi maka termasuk pada kategori sangat kuat. Untuk kesalahan 5% uji dua pihak dan dk = n – 2 = 18 dari rumus korelasi product moment diperoleh t hitung sebesar 30 harga t hitung tesebut kemudian dibandingkan dengan t tabel yang diperoleh t tabel = 2.101 harga r tabel = 0.444, dari hasil tersebut lalu dilanjutkan pada penentuan Ha dan Ho (diterima atau ditolak). Ternyata hasil pengujian membuktikan bahwa r hitung (0.99) lebih besar dari r tabel (0.444). Dengan demikian koefisiensi korelasi 0.99 itu signifikan dan valid, maka didalam penelitian ini hipotesis kerja diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Hasil Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mufti Syaifuddin
Date Deposited: 24 Oct 2018 03:54
Last Modified: 24 Oct 2018 03:54
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item