HERLINA, PUJI ASTUTIK (2013) PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 4 SUMENEP. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (COVER)
COVER PROPOSAL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstraksi)
abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (Lembar Pengesahan dan Daftar Isi)
LEMBAR PENGESAHAN DAN DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB I)
BAB I (LAIN)_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II (LAIN)_2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III (LAIN)_2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV (LAIN)_2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB V)
BAB V (LAIN)_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh HERLINA PUJI ASTUTIK, berjudul pengaruh peran orang tua dengan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP N 4 Sumenep, Skripsi, Bimbingan Dan Konseling, STKIP PGRI Sumenep, 2013. Dibawah bimbingan Hermin Irawati, M.Pd, Dwi Wahyu Krestanty, S.Pdselaku pembimbing II Kata kunci : Peran Orangtua, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar, SMP Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan peneliti bahwa Peran Orang tua adalah adanya suatu sikap orang tua pada anak dalam berkomunikasi, berprilaku, dan membimbing anak dalam masalah belajar, memantau, dan memperhatikan kesehatan anak, fasilitas belajar adalah tempat belajar yang memadai dengan alat - alat pembelajaran yang lengkap di Sekolah tersebut., prestasi belajar adalah hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap dengan ketentuan indikator – indikator kecerdasan intelengensi, bakat, minta, dan motivasi untuk belajar. Pada rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah peran yang diterapkan oleh masing – masing orang tua siswa kelas VIII SMPN 4 Sumenep ? (2) Bagaimana pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Sumenep ? (3) Bagaimana pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswakelas VIII SMPN 4 Sumenep ? (4) Bagaimana prestasi belajar yang telah dicapai siswa kelas VIII SMPN 4 Sumenep ? (5)Bagaimana pengaruh antara peran orang tua dan fasilitas belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Sumenep ? Kerangka berpikir dalam penelitian ini ingin membuktikan bahwa adakah pengaruhperan orang tua dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan adalah adakah hubungan yang positif dan signifikan pengaruhperan orang tua dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 4 Sumenep adakah pengaruhnya (Ha) atau tidak ada pengaruh sama sekali (Ho). Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah peran orang tua (X1), fasilitass belajar (X2) dan prestasi belajar (Y). Tehnik pendekatan penelitian ini menggunakan tehnik deskirptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yakni melihat bentuk hubungan antara variabel-variabel yang di teliti. “Metode korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara suatu variabel dengan variabel-variabel lain”. Tempat dan waktu penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Sumenep. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Sumenep dengan jumlah sampel yang diambil berjumlah 30 orang. Dengan menganalisis data dalam penelitian ini menguji validitas dan realibilitas sehingga mendapatkan hasil analisis dari hasil pengujian maka didapat bahwa ada hubungan yang signifikan antara peran orang tua dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Sumenep. Hasil penelitian dengan mengunakan analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa nilai = 274,046berada pada arah yang positif, sedangkan uji signifikansi kofesien korelasi menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5 % sebesar 2,052dengan demikian dapat diketahui r hitung lebih tingi daripada r tabel pada taraf signifikansi 5 % denga kata lain Ho ditolak sehingga demikian Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara pengaruhperan orang tua dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa VIII SMPN 4 Sumenep.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orangtua, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar, SMP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 09 May 2018 07:54 |
Last Modified: | 09 May 2018 07:54 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/37 |
Actions (login required)
View Item |