PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PENYELESAIAN MASALAH LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI SCIENTIFIC APPROACH SISWA KELAS V SDN LANJUK I MANDING SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Sama’, . (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PENYELESAIAN MASALAH LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI SCIENTIFIC APPROACH SISWA KELAS V SDN LANJUK I MANDING SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Jurnal Pendidikan Modern, 3 (3). pp. 41-53. ISSN 2580-099x

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PENYELESAIAN MASALAH LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI SCIENTIFIC APPROACH SISWA KELAS V SDN LANJUK I MANDING SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2017-2018]
Preview
Text (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PENYELESAIAN MASALAH LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI SCIENTIFIC APPROACH SISWA KELAS V SDN LANJUK I MANDING SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2017-2018)
JURNAL SAMA M.Pd NGAWI.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakngi oleh keterampilan dan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa masih sebatas pada keterampilan berpikir tingkat rendah dan hal itu membuat siswa belum mampu menyelesaikan permasalahan di lingkungan sekitarnya. Sehingga siswa tidak mampu mengembangkan potensinya. Model, metode dan media pembelajaran yang digunakan guru masih menggunakan pembelajaran yang terpusat pada guru, yaitu ceramah dan hanya fokus di dalam kelas. Konsep tersebut akan berdampak kepada hasil belajar siswa. Hal itu di buktikan dari observasi awal yang di lakukan oleh peneliti dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 62 yang di tentukan oleh sekolah . dari jumlah seluruh siswa kelas V sebanyak 15 siswa, yang mencapai KKM hanya 5 siswa dengan presentase 33%, sedangkan 10 siswa dengan persentase 67% belum mecapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SDN Lanjuk I. yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Lanjuk I semester II tahun pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Februari sampai Bulan Maret Tahun 2018. Instrumen pengumpulan data adalah lembar aktivitas siswa serta hasil tes belajar siswa. Penelitian ini menyajikan hasil observasi aktivitas dan hasil tes belajar yang diperoleh dari nilai observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar setiap siklus. aktivitas siswa diperoleh skor 27 dengan persentase 56,71%. Siklus I aktivtas siswa rata-rata mencapai 60, 41%. Hasil belajar mencapai 60,00% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang. Pada siklus II aktivtas siswa rata-rata mencapai 74,26%. Sedangkan hasil belajar mencapai 75 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang. Dengan demikian Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi Penyelesaian masalah lingkungan sekitar Siswa kelas V SDN Lanjuk I Manding Sumenep. Kata Kunci: Scientific Approah . Aktivitas dan Hasil Belajar IPS, Pembelajaran IPS. Abstrack Skills and competencies that must be mastered by students are still limited to low-level thinking skills have not been able to solve problems in the surrounding environment. So students are not able to develop their potential. The models, methods and instructional media used by teachers still use teacher-centered learning, lectures and focus only in the classroom. The concept will have an impact on student learning outcomes. It was proved from the initial observations done by researchers with minimal completeness criteria (KKM) is 62 which is determined by the school. of the total number of students of class V as many as 15 students, reaching KKM only 5 students with a percentage of 33%, while 10 students with percentage of 67% have not reached KKM. The purpose of this study is to improve the activity and learning outcomes IPS Student Class V SDN Lanjuk I. which became the subject in this study is all students class V SDN Lanjuk I semester II year lessons 2017-2018 which amounted to 15 people. This research was conducted from February to March of 2018. The instrument of data collection is student activity sheet and student learning test result. This study presents the results of activity observation and learning test results obtained from the observation value of student activity and test the learning outcomes of each cycle. student activity obtained score 27 with percentage 56,71%. Cycle I student activity average reaches 60, 41%. Learning outcomes reached 60.00% with a total of 9 complete students. In the second cycle of student activity average reach 74.26%. While the learning reaches 75 with total number of complete students as many as 13 people. Thus the Scientific Approach can improve the activity and learning outcomes of IPS material Resolving environmental problems around the Grade V SDN Lanjuk I Manding Sumenep.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: scientific approach, aktivitas dan hasil belajar IPS, pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 13 Dec 2018 05:46
Last Modified: 14 Dec 2018 06:36
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item