NURUL, QOMARIYA (2013) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Cover)
COVER SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf Download (24kB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI SMAN 1 Sumenep Tahun Ajaran 2013-2014, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, STKIP PGRI Sumenep, 2013. NURUL QOMARIYA Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Komunikasi Interpersonal Keberhasilan atau kegagalan siswa dalam proses penyesuaian sosialnya di sekolah berkaitan erat dengan faktor kecerdasan emosional. Penyesuaian sosial siswa yang efektif disekolah akan tercermin dalam perilaku menghargai dan menerima hubungan interpersonal. Keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa ini menjadi sangat penting karena dalam bergaul dengan teman sebayanya siswa seringkali dihadapkan dengan hal-hal yang membuatnya harus mampu menyatakan pendapat pribadinya tanpa disertai emosi, marah atau sikap kasar, bahkan siswa harus bisa mencoba menetralisasi keadaan apabila terjadi suatu konflik. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang diperoleh dengan cara penyabaran angket pada siswa kelas XI di SMAN 1 Sumenep. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas untuk menjawab hipotesis yang diajukan diterima atau tidak diterima. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Product Moment dan Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil penelitian uji validitas yang dibantu oleh program komputer SPSS versi 16.0 for windows menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan dinyatakan valid dengan hasil r hitung > dari r tabel , dengan r tabel 0,361. Pada Uji reabilitas dengan menggunakan alat bantu yang sama diperoleh hasil r alpha > r tabel 0,254 dengan hasil r alpha kecerdasan emosional sebesar 0.938 dan r alpha komunikasi interpersonal sebesar 0,939 dengan demikian maka dinyatakan reliabel. Berdasarkan hail uji hipotesis diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,580. Nilai korelasi tersebut lebih besar dari nilai r tabel 0,254 pada taraf signifikan 5% dengan N= 58. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima karena nilai r hitung 0,580 > r tabel 0,254 pada taraf signifikan 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Komunikasi Interpersonal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 04 May 2018 08:12 |
Last Modified: | 04 May 2018 08:12 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/40 |
Actions (login required)
View Item |