Susi, Wulandari (2013) PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 2 SUMENEP. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Pendahuluan)
PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Sumenep Kata Kunci : Peran, Orang Tua, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa di SMPN 2 Sumenep. (2) untuk mengetahui peranan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 2 Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengungkapkan temuan dengan mendeskripsikan secara komprehensif mengenai data yang diperoleh dilapangan. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Angket merupakan instrumen penelitian berupa daftar pertanyaan atau pernyataan secara tertulis yang harus dijawab atau diisi oleh responden sesuai dengan petunjuk pengisiannya. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 350 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IX-1 dan IX-2 SMPN 2 Sumenep sebanyak 35 siswa atau 10 persen dari jumlah total populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memegang peranan penting dalam mendukung keberhasilan belajar siswa di sekolahnya. Meski demikian, dalam upaya memotivasi anaknya, orang tua kerap mengalami hambatan berupa kesibukan orang tua yang seharian bekerja dan cenderung menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah untuk membimbing anaknya. Untuk itu, peranan orang tua terhadap motivasi belajar anaknya dapat dilakukan dengan cara melakukan pendampingan secara langsung terhadap aktivitas belajar putra putrinya di rumah, mengikutsertakan anaknya mengikuti pelajaran tambahan/les di sekolah. Dari hasil penelitian yang dilakukan, disarankan agar pendidikan anak tidak hanya dibebankan kepada pihak sekolah saja, akan tetapi bimbingan anak di lingkungan tempat anak tinggal menjadi kata kunci, Oleh sebab itu, melalui penelitian ini perlu peningkatan kerjasama yang intensif antara pihak orang tua dengan pihak sekolah agar motivasi dan semangat belajar anak dapat ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Orang Tua, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 04 May 2018 03:02 |
Last Modified: | 04 May 2018 03:02 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/45 |
Actions (login required)
View Item |