Wiwik, Indrayani (2014) DAMPAK FAKTOR KESULITAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2013 - 2014. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Pendahuluan)
DAMPAK FAKTOR BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Wiwik Indrayani, Dampak Faktor Kesulitan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP 6 Sumenep Tahun Ajaran 2013-2014, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, STKIP PGRI Sumenep, 2013 Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Minat Belajar Dalam proses belajar senantiasa ada rintangan dan hambatan yang akan mempengaruhi minat/prestasi yang dicapai siswa. Adapun faktor penyebab kesulitan belajar tersebut ada dua macam, yaitu faktor intern (faktor yang berasal dari diri siswa/individual) meliputi, kematangan/pertumbuhan, kecerdasan, latihan, motivasi dan factor pribadi sedangkan faktor ekstern (faktor yang berasal dari luar diri siswa) meliputi keadaan keluarga, sekolah/guru dan cara mengajarnya, alat-alat yang digunakan dalam mengajar, lingkungan dan motivasi social. Kesulitan belajar dan minat belajar siswa saling berkaitan. Dimana jika siswa dapat mengalami kesulitan belajar maka minatnya pun akan terganggu. Oleh sebab itu harus ada solusi untuk memecahkan permasalahan yang dialami siswa khususnya dalam kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang diperoleh dengan cara penyabaran angket pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Sumenep. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas untuk menjawab hipotesis yang diajukan diterima atau tidak diterima. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Product Moment dan Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil penelitian uji validitas yang dibantu oleh program komputer SPSS versi 16.0 for windows menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan dinyatakan valid dengan hasil r hitung > dari r tabel , dengan r tabel 0,361. Pada Uji reabilitas dengan menggunakan alat bantu yang sama diperoleh hasil r alpha > r tabel 0,266 dengan hasil r alpha kecerdasan emosional sebesar 0.938 dan r alpha komunikasi interpersonal sebesar 0,939 dengan demikian maka dinyatakan reliabel. Berdasarkan hail uji hipotesis diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,580. Nilai korelasi tersebut lebih besar dari nilai r tabel 0,266 pada taraf signifikan 5% dengan N= 58. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima karena nilai r hitung 0,580 > r tabel 0,266 pada taraf signifikan 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Kesulitan Belajar dengan minat belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 18 May 2018 02:57 |
Last Modified: | 18 May 2018 02:57 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/46 |
Actions (login required)
View Item |