Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Rubaru Sumenep

Anggi, Irma Yulianti (2013) Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Rubaru Sumenep. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[thumbnail of Surat Pernyataan]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
BAB I, II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Anggi Irma Yulianti, Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Rubaru Sumenep, Skripsi, STKIP PGRI Sumenep, Jurusan Bimbingan Dan Konseling, November 2013. Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar. Disiplin belajar merupakan suatu faktor penting untuk menentukan prestasi belajar siswa. Disiplin belajar sangat berhubungan erat dengan prestasi belajar siswa. Jika disiplin belajar yang baik maka prestasi belajar siswa akan tinggi pula, begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Rubaru Sumenep Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini diharapkan agar dapat dijadikan masukan bahwa disiplin belajar sangat berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu disiplin belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi adalah kelas VIII Siswa SMP Negeri 1 Rubaru Sumenep Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 105 siswa. Sampel yang diambil sebesar 55% dari populasi dengan jumlah 57 siswa menggunakan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk interpretasi variabel disiplin belajar, sedangkan instrumen berupa hasil nilai raport sisipan untuk interpretasi variabel prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah rumus korelasi product moment pearson. Hasil penelitian diperoleh rhitung = 0,312 > rtabel = 0,266 pada taraf signifikan 5%. Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar di SMPN 1 Rubaru Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disarankan bahwa untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa perlu diterapkanya disiplin belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 11 May 2018 07:13
Last Modified: 11 May 2018 07:13
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item View Item