Fitril, Akbar, (2013) Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Perkembangan Peserta Didik Di SMPN 2 Sumenep. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTARK Akbar, Fitril. 2013. Pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap perkembangan peserta didik di SMPN 2 Sumenep. Jurusan pendidikan Bimbingan Konseling. Fakultas sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan (STKIP PGRI) Sumenep Kata Kunci : layanan bimbingan belajar, perkembangan peserta didik. Siswa adalah penentu terjadinya belajar atau tidak terjadinya proses belajar. Setiap proses pembelajaran pasti menampakkan keaktifan orang yang belajar. Dalam bidang bimbingan belajar, membantu siswa mengembangkan diri, sikap, dan kebiasaan belajar yang baik. Pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 2 Sumenep meliputi bidang bimbingan pribadi, sosial, karir, dan belajar. Salah satu bentuk bimbingan belajar yang membantuk peserta didik dalam mengembangkan potensi diri yang berkenaan dengan masalah belajarnya seperti, pengembangan diri yang berkenaan dengan sikap yang kurang baik, malas belajar, dan belajar yang tidak teratur. Perkembangan peserta didik meliputi, kemampuan berfikir, bahasa, perubahan emosi, dan sikap. Namun Bentuk masalah yang sering di hadapi oleh peserta didik disini adalah belum mencapainya kematangan dalam hubungan sebaya, kematanagn dalam beretika, kematangan dalam pilihan karir, serta kemampuan dalam sosial dan intelektual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pemberian layanan bimbingan belajar terhadap perkembangan peserta didik di SMPN 2 Sumenep. Hasil ini diharapkan dapat dipergunakan untuk masukan bagi guru BK dalam meningkatkan mutu program layanannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang di lakukan di SMPN 2 Sumenep. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX Tahun Ajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa 432 dengan penentuan sampel 10 % yang menghasilkan jumlah sampel 43 siswa. pengambilan sampel dengan cara random atau acak dengan jenis undia. Pengumpulan datanya menggunakan metode angket (quesioner). Untuk pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan untuk metode analisa data menggunakan teknik korelasi product moment. Analisis yang digunakan adalah program SPSS 16.0 for windows dari MS windows XP. Dengan menggunakan metode analisis korelasi ditemukan bahwa hipotesis penelitian tersebut diterima. Hal ini disebabkan vareabel bebas dan vareabel terikat yang dihipotesiskan memiliki korelasi positif yang signikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,733 (p<0,05).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan belajar, perkembangan peserta didik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 18 May 2018 02:42 |
Last Modified: | 18 May 2018 02:42 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/92 |
Actions (login required)
View Item |