Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget Tahun Pelajaran 2013/2014

FITRIYA,, FITRIYA, (2013) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK FITRIYA, NPM 100.86201.1.A.000107 : Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget Tahun Pelajaran 2013/2014 : 2013 Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Tehnik Simulasi dan Kecerdasan Emosional Permasalahan yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini ada dua macam yakni : (1) Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik simulasi terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget?” (2) Seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik simulasi terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget?” Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget”. (2) Untuk mengetahui besarnya Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget”. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan uji statistik. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experiment berupa one group pre – test post – test design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget. Jumlah subjek 12 orang siswa kelas VII sebagai sampel yang pengambilannya Purposive Sampling, artinya cara pengambilan sample atas dasar ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu, yaitu memilih kelas yang memiliki kesamaan dalam hal rendahnya kecerdasan emosi dengan melihat proses dan hasil belajar siswa di sekolah. Peneliti menggunakan pengumpul data dengan menggunakan instrument skala kecerdasan emosi. Pengumpulan data dilakukan dengan Pretest dan Posttest yang diberikan kepada siswa yang menjadi subyek dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Rank Test (WSRT) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan kecerdasan emosional siswa antara sebelum ada Layanan bimbingan kelompok teknik simulasi dan sesudah ada Layanan bimbingan kelompok teknik simulasi. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai rata-rata (mean) Pretest yang diketahui 89,75 dan Postest yang diketahui 101,83 . (2) Karena signifikansi (0,002 < 0,05) maka Ho ditolak. Artinya ada pengaruh sangat kuat Layanan bimbingan kelompok teknik simulasi tehadap kecerdasan emosional siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok Tehnik Simulasi dan Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 09 May 2018 07:58
Last Modified: 09 May 2018 07:58
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item