Pengaruh Lembaga Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Sumenep Tahun Pelajaran 2013 – 2014

Khairul, Anwar (2013) Pengaruh Lembaga Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Sumenep Tahun Pelajaran 2013 – 2014. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Depan)
Print hal cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
anwar bab 1,2,3,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Lembaga Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Sumenep Tahun Pelajaran 2013 – 2014. Khairul Anwar Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa di SMPN 3 Sumenep dan seberapa besar pengaruh lembaga bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa. Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yang pertama bagaimana bimbingan belajar di luar sekolah, yang kedua bagaimana motivasi belajar siswa dan yang ke tiga siswa SMPN 3 Sumenep, yang kemudian ada pengaruh bimbingan belajar di luar sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Sumenep tahun pelajaran 2013 - 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang mengungkapkan temuan dengan mendiskripsikan secara komprehensif mengenai data yang diperoleh dilapangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 3 Sumenep sebanyak 160 siswa, sementara sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 28 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dalam penelitian ini adalah teknik sampel random atau sampel acak, sampel campur yaitu dengan cara undian (untung-untungan). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket sebagai metode yang dipilih untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh bimbingan belajar di luar sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Adapun pengaruh tersebut bersifat positif yang mengidentifikasi bahwa lembaga bimbingan belajar yang dilakukan oleh lembaga Ganesha Operation dapat memotivasi belajar siswa sehingga siswa tersebut mempunyai pemahaman yang efektif, objektif, tepat, dan cukup luas tentang berbagai hal. Dari hasil analisis data dengan menggunakan rumus korelasi person diperoleh r hitung sebesar 0,675. Setelah dikonsultasikan dengan nilai tabel harga kritik “r” product moment ternyata bahwa dengan Df sebesar 26, diperoleh “r” tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,388 sedangkan pada taraf 1% sebesar 0,496. Dengan demikian dapat diketahui “r” hitung lebih tinggi dari pada “r” tabel pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Maka diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh bimbingan belajar di luar sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Sumenep tahun pelajaran 2013 – 2014 dengan taraf signifikan cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 09 May 2018 05:41
Last Modified: 09 May 2018 05:41
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item View Item