Efektifitas Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kalianget

Nachsyah, Bandi (2013) Efektifitas Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kalianget. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bandi, Nachsyah 2014. Efektifitas Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Prestasi BelajarSiswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kalianget, Jurusan Bimbingan Konseling Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP PGRI) Sumenep. Pembimbing:(I) Yuriadi, MA., Pembimbing (II):Siti HartinahS,Psi. Kata Kunci : Efektifitas Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah sistem pembelajaran yang cocok dengan kinerja otak, untuk menyusun pola yang mewujudkan makna, dengan cara menghubungkan muatan akademis dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik. Hal ini penting diterapkan agar informasi yang diterima tidak hanya disimpan dalam memori jangka pendek, yang mudah dilupakan, tetapi dapat disimpan dalam memori jangka panjang sehingga akan dihayati dan diterapkan dalam tugas pekerjaan. Menurut teori pembelajaran kontekstual, pembelajaran terjadi hanya ketika siswa (peserta didik) memproses informasi atau pengetahuan baru sedemikian rupa sehingga dapat terserap kedalam benak mereka dan mereka mampu menghubungkanya dengan kehidupan nyata yang ada di sekitar mereka. Pendekatan ini mengasumsikan bahwa pikiran secara alami akan mencari makna dari hubungan individu dengan lingkungan sekitarnya. Berdasarkan pemahaman di atas, menurut metode pembelajaran kontekstual kegiatan pembelajaran tidak harus dilakukan di dalam ruang kelas, tapi bisa di laboratorium, tempat kerja, sawah, atau tempat-tempat lainnya. Mengharuskan pendidik (guru) untuk pintar-pintar memilih serta mendesain lingkungan belajar yang betul-betul berhubungan dengan kehidupan nyata, baik konteks pribadi, sosial, budaya, ekonomi, kesehatan, serta lainnya, sehingga siswa memiliki pengetahuan/ ketrampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengkonstruksi sendiri secara aktif pemahamannya. Dalam pengambilan sampel sebesar 11% dari jumlah populasi, sehingga didapatkan jumlah 36 siswa yang disebar ke 9 kelas. Sehingga setiap kelas diambil 4 orang siswa. Variabel independen dalam bahasa Indonesia disebut variable bebas. Variabel X: Efektivitas metode pembelajaran contextual teaching and learning. Variabel dependen dalam bahasa Indonesia variabel terikat. Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Variabel Y: Prestasi belajar siswa Berdasarkan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan perhitungan reliabilitas Alpha Cronbach dalam menentukan reliabilitas efektivitas Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar siswa diketahui hasil r hitung = 24,42 r tabel = 0,339 dan N = 36. Berdasarkan hasil penelitian dapat disImpulkan bahwa adanya efektivitas pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar siswa dengan r hitung 24,42 r tabel 0,339 dengan jumlah N= 36.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Metode Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 04 May 2018 08:06
Last Modified: 04 May 2018 08:06
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item