Hubungan Antara Bimbingan Belajar Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ma. Miftahul Ulum Lenteng Tahun Pelajaran 2013-2014

ACH. SYARIF, HIDAYATULLAH (2014) Hubungan Antara Bimbingan Belajar Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ma. Miftahul Ulum Lenteng Tahun Pelajaran 2013-2014. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Bagian Awal)
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ACH. SYARIF HIDAYATULLAH (NPM: 100. 86201 .1.A. 000006) Hubungan Antara Bimbingan Belajar Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MA. Miftahul Ulum Lenteng Sumenep. Skripsi. Sumenep: Program Strata I Jurusan Pendidikan Bimbingan Konseling STKIP PGRI Sumenep. Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui Bagaimana bimbingan belajar orang tua kelas XI MA. Miftahul Ulum Lenteng. 2). Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI Ma. Miftahul Ulum Lenteng. 3). Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan bimbingan belajar orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas XI MA. Miftahul Ulum Lenteng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Teknik ini digunakan untuk menghubungkan hasil pengukuran antara dua variabel yang berbeda agar dapat menentukan memperoleh informasi mengenai taraf hubungan yang terjadi antara dua variabel tersebut. Teknik korelasi dalam penelitian ini yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bimbingan belajar orang tua sedangkan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA. Miftahul Ulum Lenteng yang semuanya berjumlah 113. Sampel penelitian adalah 34 siswa, menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Dalam pengumpulan data digunakan angket multiple choice untuk mengetahui tingkat bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa secara spesifik. Setelah dilakukan analisis terhadap data-data yang terkumpul, diketahui bahwa, 1) distribusi Responden secara keseluruhan menurut bimbingan belajar orang tua siswa kelas XI MA. Miftahul Ulum Lenteng diperoleh kategori sebanyak 26,5 % memiliki tingkat bimbingan belajar yang sangat tinggi, sebanyak 41,2% tinggi, 17,6 % cukup dan sebanyak 14,7 % rendah. 2) distribusi Responden secara keseluruhan berdasarkan motivasi belajar siswa kelas XI MA. Miftahul Ulum Lenteng diperoleh kategori sebanyak 14,7 % memiliki tingkat bimbingan belajar yang sangat tinggi, sebanyak 41,2% tinggi, 35,3 % cukup dan sebanyak 8,8 % rendah. 3) Ada hubungan antara bimbingan belajar orang tua dengan motivasi belajar pada siswa, dengan harga koefisien korelasinya sebesar 0,349. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik menggunakan r product moment diperoleh 0,349 kemudian dibandingkan dengan pada taraf signifikan 5 % dengan N= 34 yaitu 0,339. Jadi (0,349) > (0,399 ). Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar orang tua dengan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar orang tua dengan motivasi belajar siswa diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua, Motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2018 07:47
Last Modified: 21 May 2018 07:47
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item