PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA BOLAVOLI SISWA KELAS VIII – 2 SMP NEGERI 2 KALIANGET

DEVA, ZULKARNAIN (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA BOLAVOLI SISWA KELAS VIII – 2 SMP NEGERI 2 KALIANGET. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Sampul)
sampul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Kata Pengantar)
Kata Pengantar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
Skripsi selesai.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA BOLAVOLI SISWA KELAS VIII – 2 SMP NEGERI 2 KALIANGET : 2015 DEVA ZULKARNAIN Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Demonstrasi, Pasing Bawah dan Bolavoli Pendidikan jasmani mulai diperhatikan keberadaanya sebagai satu dari berbagai macam program pendidikan yang ada di sekolah-sekolah. Kegiatan ini harus mendapat perhatian khusus dalam pelaksanaanya, Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan jasmani, antara lain: kemampuan guru, metode atau cara, sarana dan prasarana, dan pengolahan proses belajar-mengajar.. Metode Demonstrasi merupakan salah satu metode yang efektif karena dapat membantu anak didik memahami dengan jelas jalannya suatu proses kegiatan pembelajaran, memudahkan berbagai jenis penjelasan, serta dapat meminimalisir kesalahan melalui contoh konkret. Dengan menggunakan gaya mengajar demonstrasi hasil dari pembelajaran passing bawah menjadi lebih maksimal dengan cara memperagakan dan menjelaskan secara lisan suatu proses serta pemberian peran kepada peserta didik untuk memahami pembelajaran passing bawah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII 2 SMPN 2 Kalianget Kabupaten Sumenep yang terdiri dari 5 kelas. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 2 Kalianget, tahun pelajaran 2014 – 2015 yang berjumlah 31 siswa. Dimana dalam sasaran penelitan tersebut diberikan Brumbach forearm pass wall-volley test, yaitu cara melaksanakan tes dengan memantulkan bola ke sasaran tembok selama 60 detik. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan maka diperoleh rata-rata hasil passing bolavoli sebelum diberi perlakuan (treatment) atau pretest yaitu Metode Demonstrasi sebesar 8,677 dan simpangan baku sebesar 2.329 dan rentangan data 5 sampai dengan 13. Rata-rata hasil passing bolavoli setelah diberi perlakuan (treatment) yaitu demonstrasi sebesar 10,129 dan simpangan baku sebesar 3,930 dan rentangan data antara 2 sampai dengan 19. Rata-rata peningkatan hasil belajar passing bolavoli setelah diberikan perlakuan (treatment) yang berupa Metode Demonstrasi sebesar 16,72%. Pengujian hipotesis dengan taraf kepercayaan 95% dan taraf signifikasi 0,05. Dengan kriteria hipotesis nol (Ho) diterima apabila t hitung yang diperoleh lebih kecil daripada t tabel (t hitung < t tabel), dan sebaliknya Ho ditolak bila nilai t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung > t tabel). Dengan db=31+31–2=60, db 60=2,000. t tabel=2,000, sedangkan nilai dari t hitung =2,140 (2,140>2,000). Karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung>t tabel), maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Demonstrasi, Pasing Bawah dan Bolavoli
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mufti Syaifuddin
Date Deposited: 22 Oct 2018 05:41
Last Modified: 22 Oct 2018 05:41
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item