PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR LARI 60 METER PADA SISWA KELAS VIII SMPN I RUBARU TAHUN 2015

MOH., ANSORI. (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR LARI 60 METER PADA SISWA KELAS VIII SMPN I RUBARU TAHUN 2015. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN KEORISINILAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR LARI 60 METER PADA SISWA KELAS VIII SMPN I RUBARU TAHUN 2016. ANSORI. MOH. Kata Kunci: Pembelajaran, Model, Kooperatif , Think Pair Share, Lari Sprint. Dalam proses belajar mengajar, guru dituntut untuk memiliki kemampuan menggunakan dan mengembangkan berbagai macam-macam model pembelajaran yang tepat yang akan diterapkan kepada siswa. Oleh sebab itu, sangat diperlukan sekali bahwasannya guru harus mengembangkan berbagai macam model pembelajaran yang dapat mengkondisikan siswa secara aktif dan efektif dalam kelompok kecil dengan tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda sehingga dapat saling membantu antara yang satu dengan yang lain. Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) ini lebih menekankan untuk mengkondisikan siswa dalam kelompok kecil dengan berbagai macam tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda sehingga antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dapat saling membantu. Dengan adanya model pembelajaran kooperatif Think Pair Share ini diharapkan dapat mempermudah dan membantu siswa dalam memahami materi lari sprint (60 meter). Selain itu, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share ini pada pembelajaran lari sprint memiliki adanya hubungan karena pada dasarnya model pembelajaran ini berpacu terhadap siswa dalam bentuk berpasangan, sedangkan lari sprint sendiri di sini meskipun bersifat individu tetap memiliki pengaruh terhadap setiap siswa karena dengan menggunakan think pair share nantinya dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam materi lari sprint. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Lari Sprint pada siswa VIII Kelas SMPN I Rubaru. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Lari Sprint pada VIII kelas SMPN I rubaru. Sasaran penelitian ini adalah siswa VIII Kelas SMPN I rubaru dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 32 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol sebanyak 16 siswa dan kelompok eksperimen sebanyak 16 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif deskriptif dan komparatif. Kesimpulan dalam penelitian adalah: (1) Terdapat pengaruh signifikan penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar lari sprint siswa VIII kelas SMPN I rubaru. Hasil uji t menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan lari sprint siswa sebelum dan sesudah pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) (thitung 2,72 > t tabel 2,042). (2) Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) ternyata memberikan pengaruh peningkatan hasil belajar lari sprint siswa sebesar 19,96%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Model, Kooperatif , Think Pair Share, Lari Sprint.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mufti Syaifuddin
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:49
Last Modified: 24 Oct 2018 02:49
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item View Item