UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI MODIFIKASI LOMPAT KARDUS PADA SISWA KELAS V SDN BANGKAL II SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Muammar, Khadafi (2015) UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI MODIFIKASI LOMPAT KARDUS PADA SISWA KELAS V SDN BANGKAL II SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFATAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Modifikasi Lompat Kardus Pada Siswa Kelas V SDN Bangkal II Sumenep Tahun Pelajaran 2014. Muammar Khadafi Kata kunci: Lompat Jauh, Modifikasi Lompat Kardus. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh melalui Media Lompat Kardus Pada Siswa Kelas V SDN Bangkal II Sumenep Tahun 2014. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bangkal II Sumenep sejumlah 32 siswa. Untuk memperoleh data yang sesuai maka dalam penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Untuk PTK terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian ini menggunakan check list untuk mencatat sikap dan kejadian yang terjadi dalam pembelajaran yang dipandang penting dan telah ditetapkan akan diselidiki. Dari hasil pengamatan yang diperoleh dengan bantuan check list dapat diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotor dari siswa kelas V SDN Bangkal II Sumenep menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar kognitif siswa mencapai 68,75%, hasil belajar siswa pada aspek afektif mencapai 70,62% dan hasil belajar aspek psikomotor mencapai 56,25%.Setelah dilakukan perbaikan kegiatan pembelajaran pada siklus II maka terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk semua aspek, yaitu untuk aspek kognitif menjadi 84,68%, untuk aspek afektif menjadi 79,06% dan aspek psikomotor menjadi 82,61%. Beberapa saran peneliti antara lain, pembelajaran lompat kardus dengan pendekatan media Lompat kardus dapat dijadikan alternatif untuk diterapkan. Karena dapat memberikan pengalaman belajar secara langsung pada siswa melalui bermain dan pengembangan keterampilan serta sikap ilmiah yang baik bagi siswa. Juga dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi sarana dan prasarana yang kurang mendukung di sekolah sehingga dapat diterapkan sebagai variasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lompat Jauh, Modifikasi Lompat Kardus.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mufti Syaifuddin
Date Deposited: 24 Oct 2018 05:13
Last Modified: 24 Oct 2018 05:13
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item View Item