IRHAMNA, IRHAMNA (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENGELOLAAN EMOSI DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA MA ROUDHATUT THALIBIN. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Cover)
1.Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstract Eng)
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstraksi Ind)
Abstrak Bahasa Indoneisa.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (Pengesahan)
2.Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Persetujuan)
3.Persetujuann.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Isi)
4.Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
6.Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK IRHAMNA : Hubungan antara Kemampuan Pengelolaan Emosi dengan Perilaku Agresif Siswa MA Roudhatut Thalibin, Skripsi, BK, STKIP PGRI Sumenep 2014/2015 Kata kunci : Pengelolaan Emosi, Perilaku Agresif Emosi sangat penting dan merupakan faktor penunjang keberhasilan setelah intelektual. Banyak orang yang yang mempunyai kecerdasan intelektual bagus, tapi kecerdasan emosinya lemah. Ini biasa berakibat mudahnya stress dan emosional. Pengendalian emosi yang tidak baik bisa berujung pada penyakit kejiwaan. Ada manusia yang pandai, tapi siswa banyak menyakiti orang itu juga sebuah tanda bahwa siswa masih memiliki kecerdasan emosional yang rendah. Kecerdasan emosi juga sangat related dengan bagaimana merasakan apa yang dirasakan orang lain, bagaimana menghormati orang lain. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui Hubungan antara Kemampuan Pengelolaan Emosi dengan Perilaku Agresif Siswa MA Roudhatut Thalibin dengan jumlah populasi 87 siswa dan sampel mengambil semua dari populasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Yang mana data yang diperoleh menggunakan skala Likert yang dapat digunakan untuk mengukur hubungan Kemampuan Pengelolaan Emosi (variabel bebas) terhadap Perilaku Agresif Siswa (variabel terikat). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang dikembangkan oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dengan menggunakan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Berdasarkan hasil analisis menggunakan korelasi product moment diperoleh r_hitung = 0.755 dan r_tabel= 0.213 (pada Kemampuan Pengelolaan Emosi) dan t_hitung = 0.755 dan r_tabel= 0.213 (pada Perilaku Agresif Siswa). Syarat hipotesis diterima menyatakan adanya pengaruh yang signifikan yaitu r_hitung ≥ r_tabel. Karena r_hitung ≥ r_tabel, dengan taraf signifikan 5% di N=87, sehingga hipotesis dinyatakan terbukti/diterima atau berpengaruh secara signifikan artinya apabila pengelolaan emosi baik atau tinggi maka perilaku agresif siswa akan turun. Sebaliknya apabila pengelolaan emosi buruk/rendah, maka perilaku agresif siswa akan naik karena siswa di MA Roudhatut Tolibhin seringkali tidak dapat mengontrol emosinya sehingga menimbulkan perilaku yang kurang menyenangkan dan saling berkaitan dengan perilaku siswa yang suka menendang, berkelahi, mencaci maki ketika sedang berada di lingkungan sekolah. Hal ini erat kaitannya dengan hasil penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku agresif siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Emosi, Perilaku Agresif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mufti Syaifuddin |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 01:32 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 01:32 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/229 |
Actions (login required)
View Item |