Hendra, Arissandi (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING DENGAN METODE QUIZ TEAM SISWA KELAS VIII SMP DARUL ULUM AMBUNTEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Cover)
cofer.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstrak Ind)
ABSTRAK Indonesia.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstract Eng)
ABSTRACT english.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Melalui Strategi Active Learning Dengan Metode Quiz Team Siswa SMP Darul Ulum Ambunten Tahun Pelajaran 2013/2014. Hendra Arissandi Kata Kunci: Metode Quiz Team, Prestasi Belajar, Bangun Ruang Siswa menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sulit di kuasai, menakutkan karena terlalu banyak rumus, sehingga pelajaran Matematika sebagai pelajaran yang sulit di sukai oleh siswa. Jika kondisi semacam ini masih terus dipaksakan, maka yang akan terjadi kemudian adalah siswa hanya mengikuti pelajaran tanpa mengerti apa yang dijelaskan oleh guru. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencapai strategi pembelajaran yang efektif untuk menciptakan kondisi belajar yang aktif sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang melalui strategi Active Learning dengan metode Quiz Team siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Ambunten tahun Pelajaran 2013/2014 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Ambunten Tahun Pelajaran 2013/2014. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil kesimpulan sebagai berikut: (1)pada siklus I terdapat 18 siswa (60%) yang tuntas dan 12 siswa (40%) yang tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II terdapat 25 siswa (83,33%) yang tuntas dan 5 siswa (16,67%) yang tidak tuntas, (2)terdapat peningkatan yang siginifikan pada kegiatan penelitian siklus II. Hal tersebut terlihat dari persentase ketuntasan yang mengalami peningkatan yaitu dari 60% naik menjadi 83,33% dengan peningkatan sekitar 23,33%. Dari keseluruhan data yang diperoleh dapat diinterpretasikan bahwa penerapan pembelajaran matematika melalui stategi active learning melalui metode quiz team pada materi pokok bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Ambunten Kabupaten Sumenep.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Quiz Team, Prestasi Belajar, Bangun Ruang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mufti Syaifuddin |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 03:00 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 03:00 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/252 |
Actions (login required)
View Item |