BAMBANG, AGUS JUNAIDI (2015) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN OLAHRAGA SEKOLAH DASAR NEGERI NYABAKAN TIMUR 1 BATANG-BATANG TAHUN AJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (Sampul)
Halaman Depan Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Olahraga Sekolah Dasar Negeri Nyabakan Timur 1 Batang-Batang 2015 Tahun Ajaran 2014-2015 Kata kunci: permainan Tradisional, Pembelajaran Pendidikan Olahraga Sekolah Dasar Negeri Permainan tradisional merupakan jenis permainan yang mengandung nilai-nilai budaya pada hakikatnya merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan keberadaannya. Ada permainan yang sifatnya bertanding dan ada juga yang mengutamakan untuk mengisi waktu luang sebagai bentuk rekreasi. Pengelompokan jenis permainan yang bersifat game, satu lawan satu, ada juga kelompok lawan kelompok, jika di amati dari aktivitas yang dilakukan, permainan tradisional mengandung keterampilan dan kecekatan kaki dan tangan, menggunakan kekuatan tubuh. Pembelajaran lebih menekankan pada bagaimana upaya guru untuk mendorong atau memfasilitasi siswa belajar, bukan pada apa yang dipelajari siswa. Pembelajaran lebih menggambarkan bahwa siswa lebih banyak berperan dalam mengembangkan pengetahuan bagi dirinya. Dalam pembelajaran yang menempatkan peranan guru sebagai pusat dari proses, antara lain guru berperan sebagai sumber informasi, pengelola kelas dan menjadi figur yang harus diteladani. Oleh karena itu peranan guru menjadi sangat aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penilitian : Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh permainan tradisonal terhadap minat siswa mengikuti pembelajaran Pendidikan Olahraga dan Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan tradisonal terhadap minat siswa mengikuti pembelajaran endidikan Olahraga di SDN Nyabakan Timur 1 Batang-batang. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelititan eksperimen. Salah satu ciri utama dari penelitian eksperimen adalah adanya perlakuan (treatment) yang dikenakan kepada subjek maupun objek penelitian (Maksum, 2008:14). Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. subjek dalam penilitian ini sampel yang di ambil yaitu sampel kelas V dengan jumlah siswa 38 orang di SDN Nyabakan Timur I Batang-Batang. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat di ketahui permainan tradisional yaitu bentengan dan kasti di SDN Nyabakan Timur I Batang-Batang, menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran. Perhitungan besarnya pengaruh. Dengan penghitungan analisis data diperoleh sebesar prosentase peningkatan 30,97%. Sehingga dapat dikatakan pendekatan bermain berpengaruh yang signifikan terhadap Permainan Tradisional Permainan kecil terhadap minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan olahraga di SDN Nyabakan Timur 1 Batang-batang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan Tradisional, Pembelajaran Pendidikan Olahraga Sekolah Dasar Negeri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mufti Syaifuddin |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 03:51 |
Last Modified: | 22 Oct 2018 03:51 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/325 |
Actions (login required)
View Item |