Budiyanto, Budiyanto (2015) UPAYA PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLAVOLI UNTUK MENINGKATKAN MINAT TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA NU SUMENEP). Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Cover)
1 Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstraksi)
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Isi)
4 DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (Pengesahan)
2 Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (Daftar Pustaka)
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
UPAYA PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLAVOLI UNTUK MENINGKATKAN MINAT TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI (studi pada siswa kelas XI SMA NU Sumenep tahun ajaran 2014-2015) Budiyanto ABSTRAK Kata Kunci: Modifikasi, Minat, Pembelajaran, Bolavoli. Pendidikan jasmani adalah proses pendidikan melalui aktivitas jasmani dan sekaligus merupakan proses pendidikan untuk meningkatkan kemampuan jasmani. Untuk mencapai tujuan aktivitas gerak yang seluas-luasnya maka, perlu adanya metode-metode baru guna menunjang pencapaian aktivitas tersebut. Materi permainan bolavoli adalah salah satu cabang olahraga yang ada dalam kurikulum pendidikan jasmani. Pada saat ini dalam pembelajaran permainan bolavoli, para guru pendidikan jasmani masih menggunakan metode pembelajaran yang standar umum, jadi pada proses belajar mengajar masih kurang lancar dan tidak ada pengembangan dalam permainan tersebut, serta kurangnya pengayaan gerak sehingga anak didik kurang timbul rasa senang dan gembira. Untuk itu agar proses pendidikan jasmani di sekolah dapat berjalan dengan lancar dan diminati oleh siswa maka, para guru pendidikan jasmani diharapkan pandai menciptakan variasi-variasi atau model-model pembelajaran terutama dalam permainan bolavoli. Rumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini adalah: Apakah dengan modifikasi permainan bolavoli bisa meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani? Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA NU Sumenep dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 41 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing kelompok terdiri dari 20 dan 21 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif desikriptif dan komparatif, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner pada skala linkert dengan pilihan ganda. Hasil analisa uji t Paired Sample t-test (uji beda untuk sampel berpasangan) didapatkan: (1) Kelompok eksperimen nilai thitung 5,524 > nilai ttabel 2,02. Dengan kata lain bahwa penerapan modifikasi pembelajaran permainan bolavoli dapat memberikan peningkatan yang signifikan terhadap minat siswa pada pelajaran pendidikan jasmani. (2) Kelompok kontrol nilai thitung 1,092 < nilai ttabel 2,02. Dengan kata lain bahwa penerapan pembelajaran permainan bolavoli kelompok kontrol tidak dapat memberikan peningkatan yang signifikan terhadap minat siswa pada pelajaran pendidikan jasmani. Hasil analisa uji beda rata-rata antar kelompok (independent sample t test) yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol didapat nilai thitung 4,081 > nilai ttabel 1,973. Dengan kata lain bahwa siswa kelompok eksperimen mempunyai peningkatan minat yang lebih besar dari pada kelompok kontrol pada permainan bolavoli adalah signifikan dan dapat diberlakukan (digeneralisasikan) ke populasi. MODIFICATION OF EFFORT volley ball TO INCREASE INTEREST OF PHYSICAL EDUCATION LEARNING (Study on students of NU Sumenep academic year 2014-2015) Budiyanto ABSTRACT Keywords: modification, interest, learning, volleyball. Physical education is a process through education and physical activity as well as an educational process to improve physical ability. To achieve the goal of the movement is the broadest, the need for new methods to support the achievement of these activities. Material volleyball game is one of the sport in the curriculum of physical education. At this time in learning volleyball game, the physical education teachers are still using methods that common standards, so the learning process is still not clear and there is no development in the game, and the lack of movement so that the enrichment of the students I feel less happy and excited. For the process to physical education in schools run smoothly and the demand by students, physical education teachers are expected to know how to create variations or models of learning, especially in the volleyball game. The problem posed in this study are: Is the volleyball game modifications can increase students' interest towards learning physical education? Target of this research is the students of NU Sumenep and number of samples taken by 41 students were divided into 2 groups: the experimental group and the control group each group consisting of 20 and 21 students. This method of analysis using statistical methods and quantitative comparative desikriptif, while the process of data collection is done by using a questionnaire or a questionnaire on a scale linkert with multiple choice. Results analysis Paired t test sample t-test (test for paired samples) obtained: (1) The experimental group of 5,524 t> t 2.02 points. In other words, the application of a modified game of volleyball learning can provide a significant improvement to the students' interest in physical education lessons. (2) The control group of 1,092 t <t value 2.02. In other words, that the implementation of the control group volleyball games can not provide a significant improvement to the students' interest in physical education lessons. The results of the analysis of different test average between groups (independent sample t-test), namely: the experimental group and the control group gained tcount 4,081> 1,973 t value. In other words, the experimental group of students has increased interest greater than in the control group at the volleyball game is significant and can be applied (generalized) to the population.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modifikasi, Minat, Pembelajaran, Bolavoli. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mufti Syaifuddin |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 04:28 |
Last Modified: | 22 Oct 2018 04:28 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/329 |
Actions (login required)
View Item |