PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TENTANG PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PENJASORKES TINGKAT SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KALIANGET KABUPATEN SUMENEP

Firman, Sarif (2015) PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TENTANG PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PENJASORKES TINGKAT SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KALIANGET KABUPATEN SUMENEP. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DaftarPustaka] Text (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Pengesahan] Text (Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Isi]
Preview
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Persepsi Kepala Sekolah Tentang Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Penjasorkes Tingkat Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep Firman Sarif 101.85201.1.A.000115 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang persepsi Kepala Sekolah tentang (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) evaluasi pembelajaran guru penjasorkes di tingkat Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif. Konsep peneliti menggunakan jenis penelitian ini adalah untuk menghasilkan data yang valid, sehingga dihasilkan kesimpulan sebagai penegasan wawasan yang dikembangkan terkait hal yang diteliti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuisioner, teknik wawancara mendalam, dan studi dokumen. Dalam hal ini peneliti mengatur, mengurutkan, mengelompokkan, memberikan predikat dan mengkategorikan berdasarkan analisis data berupa (1) reduksi data, (2) sajian data, (3) verifikasi dan kesimpulan. Teknik analisisnya menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif dan teknik analisis kuantitatif deskriptif dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Kepala Sekolah tentang kemampuan guru penjasorkes dalam merencanakan pembelajaran penjasorkes di tingkat Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep dikategorikan baik dengan tingkat pencapaian 68%. Namun, pencapaian tersebut harusnya bisa lebih maksimal, karena ada beberapa indikator pada proses perencanaan guru penjasorkes yang dianggap Kepala Sekolah masih kurang optimal. Salah satunya mengenai kurangnya kemampuan guru penjasorkes dalam menuliskan tujuan pembelajaran dari indikator mata pelajaran yang tergabung dalam tema. Persepsi Kepala Sekolah tentang kemampuan guru penjasorkes dalam melaksanakan pembelajaran penjasorkes di tingkat Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep menurut hasil penelitian juga dikategorikan baik dengan tingkat pencapaian 64,5%. Sedangkan persepsi Kepala Sekolah tentang kemampuan guru penjasorkes dalam mengevaluasi pembelajaran penjasorkes di tingkat Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep juga dikategorikan baik dengan tingkat pencapaian 64,3%. Secara keseluruhan, persepsi Kepala Sekolah tentang pelaksanaan proses belajar mengajar penjasorkes tingkat Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep dikategorikan baik. Namun, peneliti menilai pencapaian tersebut masih kurang optimal. Selanjutnya upaya yang harus dilakukan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep yakni perlu menentukan tahapan-tahapan yang pasti demi tercapainya efektifitas dan mutu pendidikan yang ideal dan berkesinambungan, terutama di bidang olahraga. Kata Kunci : Persepsi, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mufti Syaifuddin
Date Deposited: 23 Oct 2018 01:36
Last Modified: 23 Oct 2018 01:36
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item