FENDI, HERMANTO (2014) Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 2 Saronggi Sumenep Tahun Pelajaran 2013-2014. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Isi dan Pengesahan)
Hal Pengesahan dan daftar isi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK FENDI HERMANTO, hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Saronggi Sumenep Tahun Pelajaran 2013-2014, skripsi, bimbingan konseling,SRKIP PGRI SUMENEP, 2013. Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa. Seorang anak apabila mempunyai motivasi yang kuat dalam belajar akan dapat meningkatkan prestasi belajarnya, akan tetapi tidak semua anak bisa mempunyai motivasi ini, banyak anak yang menjadi siswa yang dalam proses belajar kurang atau tidak mempunyai motivasi, maka diperlukan perhatian orang tua yang tinggi terhadap anak. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Saronggi Sumenep Tahun Pelajaran 2013-2014? (2) Seberapa besar hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Saronggi Sumenep Tahun Pelajaran 2013-2014?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Saronggi Sumenep Tahun Pelajaran 2013-2014. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan untuk kedua variabel adalah angket tertutup. Pengolahan data dilakukan dengan analisis korelasi product moment dengan Variabel X adalah perhatian orang tua dan Variabel Y adalah motivasi belajar siswa. Hasil penelitian dengan mengunakan analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa nilai r hitung = 0,754, hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi perhatian yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya maka semakin tinggi pula motivasi belajar anak tersebut. Berada pada arah yang positif, sedangkan uji signifikansi koefesien korelasi menunjukkan bahwa r tabel pada taraf signifikansi 1 % sebesar 0,463. Hal ini dapat diketahui r hitung > r tabel pada taraf signifikansi 1 % dengan kata lain Ho ditolak sehingga demikian Ha diterima. Jadi terdapat hubungan yang sangat signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Saronggi Sumenep Tahun Pelajaran 2013-2014. Saran dalam penulisan skripsi ini saya tujukan kepada pengelola pendidikan menengah khususnya SMP agar memberikan masukan di dalam memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Untuk para orang tua hendaklah menyadari bahwa keluarga merupakan lembaga pertama dalam kehidupan anak. Untuk para siswa janganlah merasa takut untuk berkomunikasi, baik dengan orang tua maupun guru, ungkapkanlah masalah dan perasaan anda terutama kesulitan dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 21 May 2018 06:24 |
Last Modified: | 21 May 2018 06:24 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/85 |
Actions (login required)
View Item |