PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA DALAM BERPENDAPAT PADA SISWA KELAS IX DI SMPN 6 SUMENEP TAHUN 2014/2015

RUSDIYANTO, RUSDIYANTO (2015) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA DALAM BERPENDAPAT PADA SISWA KELAS IX DI SMPN 6 SUMENEP TAHUN 2014/2015. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
1.Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstraksi Ind]
Preview
Text (Abstraksi Ind)
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Pengesahan] Text (Pengesahan)
2.Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Persetujuan] Text (Persetujuan)
3.Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Isi]
Preview
Text (Daftar Isi)
4.Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi]
Preview
Text (Daftar Isi)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
6.Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RUSDIYANTO : Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Keberanian Siswa Dalam Berpendapat Pada Siswa Kelas IX di SMPN 6 Sumenep, Skripsi, BK, STKIP PGRI Sumenep 2014/2015 Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Peningkatan, Keberanian Siswa, Berpendapat. Belajar dan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Melalui belajar manusia dapat mengembangkan potensi-potensi yang dibawanya sejak lahir. Aktualisasi potensi ini sangat berguna bagi manusia untuk dapat menyesuaikan diri demi pemenuhan kebutuhannya. Kebutuhan manusia makin lama makin bertambah, baik kuantitas maupun kualitasnya. Tanpa belajar manusia tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan–kebutuhan tersebut. Tujuan dalam proses belajar mengajar berfungsi sebagai pedoman keberhasilan belajar, sedangkan isi tujuan pembelajaran pada hakikatnya adalah hasil belajar yang di harapkan. Apabila guru telah mengetahui kemampuan masing-masing siswa akan lebih gampang lagi untuk membantu siswa yang kesulitan mencerna pelajaran yang akan diajarkan, seperti hal nya jika siswa dapat berani mengemukakan pendapatnya. Lingkungan sekolah mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan jiwa peserta didik. Sekolah selain mengemban fungsi pembalajaran juga fungsi pendidikan. Kaitannya dalam pendidikan, peranan sekolah pada hakikatnya tidak jauh dari peranan keluarga, yaitu sebagai rujukan dan tempat perlindungan jika anak didik mengalami masalah. Tugas seorang konselor adalah membantu peserta didik yang mempunyai masalah dalam bidang pribadi, sosial, karir dan belajar Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Keberanian Siswa Dalam Berpendapat Pada Siswa Kelas IX di SMPN 6 Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Yang mana data yang diperoleh menggunakan skala Likert yang dapat digunakan untuk mengukur pengaruh Bimbingan Kelompok (variabel bebas) terhadap Peningkatan Keberanian Siswa Dalam Berpendapat (variabel terikat). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang dikembangkan oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dengan menggunakan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dan penyajian hipotesis yang dilakukan dalam rangka untuk mengetahui diterima atau tidaknya hipotesis yang diajukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan keberanian siswa dalam berpendapat kelas IX dinyatakan meningkat karena bimbingan kelompok berpengaruh terhadap keberanian siswa dalam berpendapat terbukti dari hasil korelasi product moment diperoleh r_hitung = 0.990 dan r_tabel= 0.244 dengan taraf signifikan 5% di N=68 hipotesisnya dinyatakan terbukti/diterima atau berpengaruh secara signifikan serta peningkatan siswa pada saat sebelum diberi bimbingan kelompok dan sesudah diberi bimbingan kelompok yang semula siswa tidak berani sampai menjadi berani dalam berpendapat ketika berdiskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Peningkatan, Keberanian Siswa, Berpendapat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mufti Syaifuddin
Date Deposited: 25 Jul 2018 03:50
Last Modified: 25 Jul 2018 03:50
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item