Malthufatul, Khoir (2015) EFEKTIVITAS MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 AMBUNTEN KELAS VIII PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Malthufatul Khoir, Efektivitas Mind Mapping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Ambunten Kelas VIII pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar, Skripsi, STKIP PGRI Sumenep, Program Studi Pendidikan Matematika, Oktober 2015. Secara umum, dalam proses pembelajaran di sekolah sering kali siswa merasa jenuh dan tidak senang dengan pelajaran matematika dikarenakan objeknya yang abstrak, konsep dan prinsipnya yang berjenjang, pengerjaannya yang dapat memanipulasi bentuk-bentuk membuat siswa mengalami kesulitan. Akibatnya, mayoritas siswa mendapatkan nilai yang rendah. Untuk mengatasi hal ini diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat, salah satunya menggunakan metode mind mapping. Mind mapping selaras dengan kerja alamiah otak, karena mind mapping melibatkan emosi, kesenangan dan kreativitas seseorang membuat catatan. Dengan kegiatan tersebut dapat membuat siswa lebih termotivasi sehingga hasil belajar matematika siswa lebih meningkat dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambunten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambunten tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 158 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 siswa. Digunakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari lembar instrumen tes yaitu pre-test dan post-test yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan diberikan. Hasil yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara perhitungan statistik dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh thitung = 15,145 dan ttabel = 2,48. Karena thitung lebih besar dari ttabel dengan demikian penggunaan mind mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambunten. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Mind Mapping
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Matematika, Mind Mapping |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mufti Syaifuddin |
Date Deposited: | 27 Jul 2018 02:16 |
Last Modified: | 27 Jul 2018 02:16 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/258 |
Actions (login required)
View Item |