PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 4 SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Noeroel, Arief Maulana, (2015) PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 4 SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract Eng)
Abstrak (English).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstraksi Ind)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Arief Maulana, Noeroel. 2014. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Matematika di SMPN 4 Sumenep Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. STKIP PGRI Sumenep. Program Studi Pendidikan Matematika. Agustus 2014. Kata Kunci : Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Prestasi Belajar Matematika Prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran matematika yang dicapai siswa, pada hakekatnya merupakan pencerminan dari usaha belajar. Semakin baik usaha belajar maka semakin baik pula prestasi yang dicapai. Tentunya hal ini tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dapat digolongkan menjadi dua, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar individu. Sedangkan faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam individu, yang menyangkut jasmani dan rohani, sebagai contohnya adalah minat dan kebiasaan belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Matematika di SMPN 4 Sumenep, untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Matematika di SMPN 4 Sumenep, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara minat dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Matematika di SMPN 4 Sumenep. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 4 Sumenep. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan analisis korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Sumenep dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan dokomentasi. Sedangkan untuk Analisis data menggunakan analisis korelasi ganda, uji t , dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika ditunjukkan oleh nilai thitung = 7,430 > ttabel = 2,029 dengan taraf signifikan 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika ditunjukkan oleh nilai thitung = 5,816 > ttabel = 2,029 dengan taraf signifikan 0,05; (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut terbukti dari hasil uji F yaitu diperoleh nilai Fhitung = 27,19 > Ftabel = 3,27 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa minat dan kebiasaan belajar memberikan konstribusi pada prestasi belajar Matematika sebesar 60,84%, sisanya 39,16% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa apabila siswa memiliki minat yang tinggi pada pelajaran Matematika dan melakukan kebiasaan belajar yang baik pula, maka prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pun akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Prestasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Matematika
Depositing User: Mufti Syaifuddin
Date Deposited: 27 Jul 2018 02:29
Last Modified: 27 Jul 2018 02:29
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item