Peranan Guru BK Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMAN I BATUAN SUMENEP. Tahun Pelajaran 2014-2015

Dendi, Mahendra (2013) Peranan Guru BK Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMAN I BATUAN SUMENEP. Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (BAGIAN DEPAN)
lampiran depan.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
skripsi revisi - BAB 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
skripsi revisi - BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
skripsi revisi - BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
skripsi revisi - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
skripsi revisi - BAB 5.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mahendra, Dendi. Peranan Guru BK Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMAN I BATUAN SUMENEP. Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuaan Sosial Jurusan Pendidikan Bimbingan dan Konseling Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan STKIP PGRI Sumenep 2014. Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Disiplin akan membuat seseorang tahu dan dapat membedakan hal-hal apa yang seharusnya dilakukan, yang wajib dilakukan, yang boleh dilakukan, yang tak sepatutnya dilakukan (karena merupakan hal-hal yang dilarang). Bagi seorang yang berdisiplin, karena sudah menyatu dalam dirinya, maka sikap atau perbuatan yang dilakukan bukan lagi dirasakan sebagai beban, namun sebaliknya akan membebani dirinya apabila ia tidak berbuat disiplin. Nilai-nilai kepatuhan telah menjadi bagian dari perilaku dalam kehidupannya. Disiplin yang mantap pada hakikatnya akan tumbuh dan terpancar dari hasil kesadaran manusia. Sebaliknya, disiplin yang tidak bersumber dari kesadaran hati nurani akan menghasilkan disiplin yang lemah dan tidak akan bertahan lama, atau disiplin yang statis, tidak hidup (Djojonegoro dalam Soemarmo, 1998: 20-21). Perana guru dalam menciptakan kedisiplinan peserta didik dilalui dengan berbagai tahapan, hal ini sesuai dengan kemampuan kreatifitas dan inovatif guru dalam menindak atau memberikan dukungan terhadap peserta didiknya.Karena pada dasarnya peserta didik berupaya ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dalam pandangan Bimbingan Konseling (BK) sebenarnya tidak ada peserta didik yang nakal, akan tetapi hanya ada peserta didik yang bermasalah. Kemudian, disinilah peran guru BK dalam menerapkan kedisiplinan untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMAN I Batuan Sumenep menunjukkan bahwa beberapa siswa mengalami kendala dalam belajarnya yang berasal dari dalam diri karena ketidakdisiplinan mereka dalam mengatur waktu belajarnya. Ketidakdisiplinan ini terlihat dari kegiatan belajar siswa yang dipadukan dengan aktifitas sehari-hari (bermain).Hal ini berakibat timbulnya permasalahan belajar bagi siswa. Berpijak pada paparan di atas, maka diasumsikan bahwa apabila siswa dapat mengatur waktu belajarnya dengan baik dan pelayanan guru Bimbingan dan Konseling dapat berjalan secara efektif maka mereka akan dapat berdisiplin dalam belajar dan mendapatkan hasil belajar sesuai dengan yang mereka butuhkan dan yang mereka harapkan. Kenyataan asumsi tersebut dapatterjadi di setiap sekolah, seperti halnya di SMAN I Batuan Sumenep.Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengkaji dan melakukan penelitian tentang “Peranan Guru BK Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMAN I Batuan Sumenep”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 09 May 2018 08:21
Last Modified: 09 May 2018 08:21
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item