Efektifitas Teknik Permainan Simulasi dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Sumenep

Dewi, Tolesanna, (2013) Efektifitas Teknik Permainan Simulasi dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Sumenep. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAKSI)
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tolesanna, Dewi, 2013, Efektifitas Teknik Permainan Simulasi dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Sumenep, Skripsi, Program Studi : Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumenep, Dosen Pembimbing : Mohammad Saidi, M.Pd, MM dan Susiati Ningsih, S.Pd. Kata Kunci : Permainan Simulasi, Konsentrasi Belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengumpulkan data untuk mengetahui Efektifitas Teknik Permainan Simulasi dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi adalah layanan yang diberikan pada siswa untuk melatih dan meningkatkan konsentrasi belajar siswa, Sedangkan konsentrasi belajar merupakan suatu hal yang penting ada dan dimiliki oleh siswa untuk menunjang proses menerima dan mempelajari ilmu yang dia terima. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah True Experimental Design dengan pendekatan Pretest-Postest Control Design. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode angket yaitu angket konsentrasi belajar. Analisis hasil penelitian ini adalah populasi yaitu seluruh kelas VIII di SMP Negeri 4 Sumenep yang berjumlah 75 siswa, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa, diambil secara acak dengan teknik random sampling dimana peneliti penetapkan jumlah sampel 40% dari jumlah populasi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 07-19 Oktober 2013 di SMP Negeri 4 Sumenep. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji T-tes dengan item dalam pretest berjumlah 15 dengan rata-rata 46.7333 dengan simpangan baku 2,73774 dan postest berjumlah 15 item dengan rata-rata 70.1333 dengan simpangan baku 2,41622. selanjutnya dari hasil perhitungan tersebut menghasilkan nilai t hitung = -24,819 dengan derajat bebas = 28. Hal ini memberikan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 yang mengandung makna bahwa ada hubungan yang signifikan antara teknik permainan simulasi dalam bimbingan kelompok terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Sumenep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Simulasi, Konsentrasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 18 May 2018 02:44
Last Modified: 18 May 2018 02:44
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item