Peran Guru Bimbingan dan konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar siswa kelas VIII di MTs.Taufiqurrahman Banuaju Timur Tahun Pelajaran 2013-2014.

ELMA, ELMA (2014) Peran Guru Bimbingan dan konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar siswa kelas VIII di MTs.Taufiqurrahman Banuaju Timur Tahun Pelajaran 2013-2014. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Cover)
FOLDER DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ELMA. Peran Guru Bimbingan dan konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar siswa kelas VIII di MTs.Taufiqurrahman Banuaju Timur Tahun Pelajaran 2013-2014. Kata kunci : Peran, guru BK, kedisiplinan Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap berbagai upaya yang dilakukanoleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs.Taufiqurrahman Banuaju Timur. Populasi penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru Bimbingan Konseling, dan siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Kedisiplinan siswa MTs.Taufiqurrahman sebenarnya sudah cukup baik hanya saja masih perlu adanya upaya peningkatan karena sering terjadi pelanggaran terhadap tata tertib di sekolah. 2). Upaya-upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa meliputi: Pemberian sanksi kepada siswa yang melanggar, penanaman kesadaran berdisiplin dalam diri siswa, memberikan contoh yang baik dalam berdisiplin, diadakan berbagai kegiatan penunjang upaya peningkatan kedisiplinan siswa dan kegiatan ekstrakurikuler, serta pemberian motivasi kepada anak untuk selalu berdisiplin. 3). Adapun beberapa Faktor Pendukung dan penghambat upaya peningkatan kedisiplinan siswa: ada dua yaitu a). Faktor Pendukung: kerjasama yang baik antar personil madrasah, sikap siswa yang mau terbuka terhadap nasehat guru, kerjasama yang baik antara orang tua siswa dan madrasah, adanya ketegasan dan keteladanan sikap guru dalam menjalankan tata tertib sekolah, adanya peran serta BK yang sangat membantu siswa untuk mengembangkan pola perilaku yang baik dalam dirinya, adanya kepercayaan yang tinggi dari masyarakat terhadap madrasah sebagai lembaga pendidikan berbasis ke-Islaman. Dan b). Faktor Penghambat: adanya sebagian siswa yang kurang memahami arti tata tertib sekolah, input siswa MTs.Taufiqurrahman yang rata - rata adalah anak dengan intelegensi sedang bahkan ada yang rendah, latar belakang keluarga siswa yang jarang mengarahkan anaknya untuk selalu tertib dalam hidup, adanya sebagian siswa yang salah dalam bergaul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, guru BK, kedisiplinan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2018 07:03
Last Modified: 21 May 2018 07:03
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item