Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa SMP Negeri 2 Sumenep

Heri, Yakkop (2014) Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa SMP Negeri 2 Sumenep. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Awal)
PDF- PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
PDF- ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa SMP Negeri 2 Sumenep. Heri Yakkop Kata Kunci : Percaya Diri, Penyesuaian Sosial Salah satu tugas perkembangan masa remaja yang tersulit adalah yang berhubungan dengan penyesuaian sosialnya. Mereka dituntut harus memiliki rasa percaya diri, ada faktor yang mempengaruhi pembentukan rasa percaya diri remaja, salah satunya adalah perubahan fisik atau kondisi fisik. Dalam postingan Abd. Cholikur Anwar tahun 2012, Anthony (1992) mengatakan penampilan fisik merupakan penyebab utama rendahnya harga diri dan percaya diri seseorang. Lauster (1997) juga berpendapat bahwa ketidakmampuan fisik dapat menyebabkan rasa rendah diri yang kentara. Hal ini juga terlihat pada sebagian siswa SMP Negeri 2 Sumenep, yaitu kegagalan dalam memahami dirinya untuk menerima perubahan fisiknya seperti berjerawat, warna kulit, dan lain sebagainya, Sehingga hal yang demikian menjadi penyebab utama rendanhya percaya dirinya, mereka cenderung menyendiri dan mereka juga tidak dapat menyesuaikan diri dengan baik terhadap teman-temannya, mereka hanya bersosial dengan teman yang mengerti keadaannya tanpa direndahkan atau dilecehkan. Rasa percaya diri sangat mutlak diperlukan karena merupakan keyakinan dalam diri yang berupa perasaan dan anggapan bahwa dirinya dalam keadaan baik sehingga memungkinkan individu tampil dan berperilaku dengan penuh keyakinan dengan lingkungan sosialnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara percaya diri dengan penyesuian sosial pada siswa SMP Negeri 2 Sumenep. Percaya diri adalah sikap keyakinan kuat seseorang untuk berbuat atau melakukan sesuatu. Penyesuaian sosial adalah kemampuan individu dalam mereaksi tuntutan-tuntutan sosial secara tepat dan wajar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMP Negeri 2 Sumenep pada seluruh siswa-siswi kelas VIII dengan jumlah populasi 440 siswa, peneliti mengadakan penelitian secara sampel yaitu 10% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 44 siswa dari seluruh kelas VIII, per kelas diwakili 4 orang siswa serta disini peneliti menggunakan sampel bertujuan purposive sample. Alasan peneliti hanya mengambil sampel kelas VIII karena peneliti dalam mengikuti pelaksanaan PPL II diberi tanggung jawab untuk terlibat langsung dalam proses mengajar pada seluruh siswa-siswi kelas VII, yang pada saat ini telah naik tingkat ke kelas VIII, peneliti lebih dekat dalam melakukan proses observasi dan mengetahui lebih matang tentang aktifitas mereka yang berhubungan dengan rasa percaya diri dan proses penyesuaian sosialnya. Serta alasan peneliti tidak mengikut sertakan kelas IX untuk menjadi bagian dari sampel karena kurangnya proses dalam melakukan observasi, serta kelas VII yang pada saat ini memang masih siswa baru dan tidak masuk dalam jangkauan observasi peneliti. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode angket sebanyak 30 item dari masing-masing variabel X dan variabel Y. Metode analisis data dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment Karl Pearson dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Dari hasil analisis menunjukkan Tingkat percaya diri dan penyesuaian sosial pada siswa-siswi kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumenep termasuk dalam kategori baik, hal ini terlihat dari persentase untuk percaya diri dengan presentase 80,5% sedangkan untuk penyesuaian sosial dengan presentase 79,8%. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan korelasi product moment didapatkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan ( r = 0,464 ; sig = 0,001< 0,05) antara percaya diri terhadap penyesuaian sosial. Dengan hasil r tabel = 0,297 dan r xy (r hit) = 0,464. Dikatakan signifikan apabila r xy = 0,464 > r tabel = 0,297. Dengan kata lain semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin mudah pula siswa melakukan penyesuaian sosial terhadap lingkungan sosial di sekitar mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Penyesuaian Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2018 02:58
Last Modified: 21 May 2018 02:58
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item