PENGARUH ANTARA KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN PENGAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SARONGGI

ABU, HASAN (2014) PENGARUH ANTARA KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN PENGAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SARONGGI. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (COVER)
Sampul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstraction)
ABSTRAK .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (INSTRUMEN ANGKET)
INSTRUMEN ANGKET.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Abu Hasan. 2014. Pengaruh Antara Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kelas dan Pengajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Saronggi. Skripsi, STKIP PGRI Sumenep, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Kata Kunci : Pengelolaan, Kelas, Pengajaran, Prestasi Guru merupakan salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Guru yang merupakan salah satu unsur di bidang kependidikan harus berperan serta secara aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional, sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Kaitannya dengan hal tersebut dalam meningkatkan keefektifan pembelajaran, ada hal yang perlu diperhatikan oleh seorang guru. Guru hendaknya harus pandai dalam mengelola kelas agar dalam pembelajaran berjalan secara efektif dan optimal. Selain pengelolaan kelas guru juga dituntut untuk mengelola proses belajar mengajar yang menyenangkan. Seorang guru haruslah dapat melakukan pengelolaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Pengelolaan kegiatan belajar mengajar merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh guru agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar. Tujuan dalam penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan guru dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar PPKn siswa kelas VII SMP Negeri 1 Saronggi, 2) Untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan guru dalam pengelolaan pengajaran terhadap prestasi belajar PPKn siswa kelas VII SMP Negeri 1 Saronggi, 3) Untuk mengetahui pengaruh yang lebih dominan antara kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan pengajaran terhadap prestasi belajar PPKn siswa kelas VII SMP Negeri 1 Saronggi. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua macam, yaitu variabel bebas dan terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengelolaan kelas dan pengajaran, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Teknik pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket dan analisis datanya menggunakan analisis regresi liner berganda. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pengelolaan kelas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Saronggi, hal ini dapat diketahui dari nilai p-value 0,012 yang kurang dari 0,05 dan nilai t hitung sebesar -2,734 kurang dari -1.71. Pengelolaan pengajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Saronggi, hal ini dapat diketahui dari nilai p-value adalah 0,000 dimana nilai ini kurang dari 0,05 dan nilai t hitung sebesar 4,898 lebih dari 1,71. Hasil analisis uji t untuk variabel pengelolaan kelas sebesar 2,734 sedangkan nilai uji t untuk variabel pengelolaan pengajaran sebesar 4,898. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa pengaruh pengelolaan pengajaran lebih dominan terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Saronggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Kelas, Pengajaran, Prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 18 May 2018 02:36
Last Modified: 19 May 2023 05:08
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item View Item