NOVAL, ISMAN FATAHILAH (2013) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-A SMPN 1 PASONGSONGAN SUMENEP TAHUN 2013. ['eprint_fieldopt_thesis_type_engd' not defined] thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Cover)
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK NOVAL ISMAN FATAHILAH : HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-A SMPN 1 PASONGSONGAN SUMENEP TAHUN 2013 Kata Kunci: Minat Belajar, Prestasi Belajar. Minat belajar adalah kecenderungan siswa untuk tertarik dengan kegiatan belajar mengajar khususnya pada pelajaran matematika, minat atau interest bisa berhubungan dengan daya gerak yang mendorong kita untuk cenderung atau merasa tertarik pada orang, benda, kegiatan, ataupun bisa berupa pengalaman yang efektif yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri. Prestasi belajar adalah hasil dari pengukuran serta penilaian hasil usaha belajar siswa dalam satu semester mata pelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskriptif tentang suatu kenyataan yaitu tentang minat belajar siswa terhadap prestasi pelajaran matematika. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas X (minat belajar) dan variabel terikat Y (prestasi belajar). Jumlah populasi yang akan diteliti kurang dari 100 yaitu 30 siswa, maka peneliti mengambil semua, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Berdasarkan hasil data di atas diketahui klasifikasi minat siswa SMPN 1 Pasongsongan kelas VIII-A, siswa yang memiliki minat belajar rendah tidak ada atau 0 (0%), siswa yang memiliki minat belajar sedang sebanyak 1 orang (3%) dan siswa yang memiliki minat belajar tinggi sebanyak 29 orang (97%), berdasarkan hasil data di atas diketahui klasifikasi prestasi belajar matematika SMPN 1 Pasongsongan kelas VIII-A, siswa yang memiliki prestasi belajar matematika rendah 9 orang (30%), siswa yang memiliki prestasi belajar matematika sedang sebanyak 5 orang (16,7%) dan siswa yang memiliki prestasi belajar matematika tinggi sebanyak 16 orang (53,3%). Dan Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka ditemukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,848 lebih besar dari nilai r tabel sebesar 0,349 maka H1 diterima . demikian juga dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka H1 juga diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika. Hasil penelitian ini menerima H1 dan menolak H0.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_engd' not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 08 May 2018 04:32 |
Last Modified: | 08 May 2018 04:32 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/123 |
Actions (login required)
View Item |