PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 5 SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Chinta, Intannia Permata Sari (2015) PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 5 SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Sampul)
SAMPUL DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Chinta Intannia Permata Sari. Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Sumenep Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci : Implementasi Kurikulum 2013, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum 2013 dan pengaruh implementasi Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 5 Sumenep pada mata pelajaran Matematika Kelas VIIIF semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa dokumentasi, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Populasi penelitian ini menggunakan kelas VIII SMP Negeri 5 Sumenep tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah populasi 166 siswa. Sampel yang diambil yaitu kelas VIIIF dengan jumlah 25 siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t sampel untuk pengujian dua arah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIIIF di SMP Negeri 5 Sumenep, yang dapat dilihat dari analisa data diperoleh bahwa nilai thitung lebih dari ttabel yaitu 2,595 lebih dari 2,011 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Disarankan untuk pembelajaran Kurikulum 2013 agar tepat digunakan pada kelima aspek, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Khususnya untuk aspek menanya agar lebih dimunculkan dalam pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, dan kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Matematika
Depositing User: Mufti Syaifuddin
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:29
Last Modified: 26 Jul 2018 02:29
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item