EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION) BERMEDIAKAN KARTU SOAL PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 2 SARONGGI

IMAM, SYAFI’IE (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION) BERMEDIAKAN KARTU SOAL PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 2 SARONGGI. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[thumbnail of Judul dsb] Text (Judul dsb)
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IMAM SYAFI’IE, EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION) BERMEDIAKAN KARTU SOAL PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 2 SARONGGI, SKRIPSI, STKIP PGRI SUMENEP, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA, OKTOBER 2015. Kata Kunci : CIRC dan Kartu Soal. Dalam proses belajar mengajar tidak hanya menggunakan model pembelajaran tapi juga bisa menggunakan alat media pembelajaran yang murah dan efesien yang meskipun sederhana dan bersahaja tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka perlu diterapkan suatu alat media dan model pembelajaran untuk membantu guru matematika. Salah satu alat media yang dapat digunakan adalah media kartu soal, sedangkan model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerepan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) bermediakan kartu soal pada materi operasi bilangan bulat. Subjek yang akan diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas VII E di SMP Negeri 2 Saronggi tahun pelajaran 2015/2016. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam tiga siklus yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, hasil belajar 1 tahun yang lalu. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, hasil pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari tiap siklus akan diukur presentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus diperoleh rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar adalah 64,44 dan 40,74%, sedangkan siklus I rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar adalah 63,93 dan 48,15%, sedangkan presentase aktivitas siswa adalah 62,96%. Pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar adalah 80,34 dan 85,19%, sedangkan presentase aktivitas siswa adalah 81,48%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) bermediakan kartu soal efektif dalam aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VII E di SMP Negeri 2 Saronggi tahun pelajaran 2015/2016 pada materi operasi bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CIRC dan Kartu Soal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Mufti Syaifuddin
Date Deposited: 26 Jul 2018 03:06
Last Modified: 26 Jul 2018 03:06
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item