Kusriyatul, Hasanah (2015) KORELASI KEMAMPUAN DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP ISLAM NURUD DHALAM BERINGIN DASUK SUMENEP. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Text (Awal dsb)
HALAMAN JUDUL.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Kusriyatul Hasanah, Korelasi Kemampuan Dalam Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Matematika SMP ISLAM Nurud Dhalam Beringin Dasuk Sumenep, Skripsi, STKIP PGRI Sumenep, Program Studi Pendidikan Matematika, September 2015. Dalam suatu pembelajaran Matematika, materi biasanya berhubungan antara materi satu dengan materi lainnya. Namun pada kenyataannya kebanyakan peserta didik kurang mampu mengingat konsep dan rumus yang akan digunakan untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu bentuk usaha mengasah daya ingat peserta didik dengan cara sentuhan Al-Qur’an. Idealnya ketika sudah terbiasa menghafal ayat-ayat Al-Qur’an maka dalam mempelajari ilmu-ilmu lain akan lebih mudah diresapnya ke dalam otak, karena sudah terlatih dengan konsentrasi tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui korelasi kemampuan dalam menghafal Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan dari peserta didik kelas VIII SMP ISLAM Nurud Dhalam Beringin Dasuk Sumenep yang berjumlah 13 peserta didik, dan sampelnya juga 13 peserta didik karena jumlah dari peserta didik dalam skala kecil jadi sampelnya mencakup keseluruhan dari peserta didik kelas VIII SMP ISLAM Nurud Dhalam Beringin Dasuk Sumenep. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan dukumentasi dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik. Dari hasil analisis data hasil kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan analisis data hasil belajar siswa menggunakan analisis korelasi didapat nilai rhitung = 0,881 dan rtabel dengan taraf signifikan 5% yaitu = 0,553 . Dari kedua nilai tersebut didapat bahwa rhitung lebih besar daripada rtabel. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara kemampuan dalam menghafal Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika SMP ISLAM Nurud Dhalam Dasuk Sumenep. Kata Kunci: Hasil belajar matematika, kemampuan, dan menghafal Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar matematika, kemampuan, dan menghafal Al-Qur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mufti Syaifuddin |
Date Deposited: | 27 Jul 2018 02:01 |
Last Modified: | 27 Jul 2018 02:01 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/257 |
Actions (login required)
View Item |