NURUL, AZIZA (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MAMBAUL ULUM JABAAN MANDING SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.
Preview |
Text (Cover)
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penerapan Model Kooperatif Tipe Cooperative Script pada materi Bilangan Pecahan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar siswa Kelas VII MTs Mambaul Ulum Jabaan Manding Sumenep Tahun Pelajaran 2015/2016 : Aziza.Nurul 2015 Kata Kunci : Pecahan, Cooperative Script Dalam proses pembelajaran siswa tampak terlihat kurang aktif. Hal ini disebabkan guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa berinteraksi secara maksimal. maka peneliti memberikan alternatif menerapkan metode pembelajaran cooperative script pada mata pelajaran matematika dalam pokok bahasan bilangan pecahan. Pada penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dengan model pembelajaran cooperative script pada materi Bilangan pecahan yang dilaksanakan dalam siklus 1 Setiap tindakan terdiri dari 3 kali pertemuan. Dua pertemuan digunakan untuk mempelajari materi dan satu pertemuan untuk tes akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 2 September – 08 September 2015 pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016 dikelas VII MTs Mambaul ulum jabaan manding sumenep. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa MTs Mambaul Ulum Jabaan Manding Sumenep Kelas VII yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan dan memberikan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa langkah-langkah pembelajaran cooperative script yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bilangan Pecahan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. hasil belajar siswa dengan pembelajaran Cooperative Script yang ditandai dengan tercapainya ketuntasan klasikal dari hasil LKS mengalami peningkatkan dari pertemuan pertama dan pertemuan kedua yaitu dari 75,00 % menjadi 80,00%. Dan pada hal yang sama juga terjadi pada pertemuan III yaitu hasil tes meningkat menjadi 90,00 % tingkat ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata tes adalah 80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Cooperative Script berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pecahan, Cooperative Script |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mufti Syaifuddin |
Date Deposited: | 27 Jul 2018 02:36 |
Last Modified: | 27 Jul 2018 02:36 |
URI: | http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/261 |
Actions (login required)
View Item |