PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Raudatul, Jannah, (2015) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img] Text (Cover dsb)
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jannah, Raudatul. 2015. Perbandingan Efektivitas Antara Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Dengan Explicit Instruction Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Skripsi. Prodi Pendidikan Matematika. STKIP PGRI Sumenep. Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran TAI, Model Pembelajaran EI, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan EI (Explicit Instruction) pada materi pokok yang sama yaitu statistik di kelas VII MTs. Nurul Islam. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, angket dan tes. Populasi penelitian ini adalah kelas VII MTs. Nurul Islam tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah populasi 120 siswa yang terbentuk dalam 4 kelas. Sampel yang diambil yaitu dari semua kelas secara acak dan dibentuk dua kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B dengan jumlah 60 siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t sampel untuk pengujian dua arah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) efektif terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok statistik kelompok A MTs. Nurul Islam, yang dapat dilihat dari analisa data diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 18,15 > 1,7 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Begitu pula pada model pembelajaran Explicit Instruction efektif terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok yang sama di kelompok B MTs. Nurul Islam, yang juga dapat dilihat dari analisa data diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 16,5625 > 1,7 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sedikit perbedaan keefektifan antara model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan EI (Explicit Instruction) terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran TAI, Model Pembelajaran EI, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Matematika
Depositing User: Mufti Syaifuddin
Date Deposited: 27 Jul 2018 03:00
Last Modified: 27 Jul 2018 03:00
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item