HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENENTUKAN ARAH PILIHAN KARIER

RASYIDI, RASYIDI (2013) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENENTUKAN ARAH PILIHAN KARIER. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstraksi]
Preview
Text (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RASYIDI : HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENENTUKAN ARAH PILIHAN KARIER Kata Kunci: Pola Asuh, Motivasi Belajar, Karier. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan arah pilihan karier peserta didik MA Nurul Muchlisin Rubaru pada tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional karena banyak menggunakan angka mulai dari pengumpulan data dan penafsiran datanya dengan tujuan mencari hubungan antara variabel X1, X2 terhadap Y. Dalam penelitian ini dapat dibedakan antara variabel penyebab (X1 dan X2) dan variabel akibat (Y) : varibel X1 adalah pola asuh orang tua, Variabel X2 adalah motivasi belajar dan variabel Y adalah pilihan karier. Penelitian ini menggunakan sampel acak (random sampling). Jumlah populasi siswa MA Nurul Muchlisin Pakondang 145 orang (>dari 100 orang), maka untuk mempermudah peneliti dalam pengambilan sampel, peneliti mengambil 25% dari jumlah populasi 145 siswa, yaitu (36 siswa).Instrumen pengumpulan data untuk pola asuh orang tua dan motivasi belajar peneliti menggunakan skala bertingkat (rating scale), sedangkan untuk pilihan karier peneliti juga menggunakan skala bertingkat (rating scale.) dengan jumlah sampel 36 siswa atau (25 %). Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan arah pilihan karier peserta didik dapat disimpulkan sebagai berikut: (i) uji regresi secara parsial (sendiri-sendiri) memiliki hubungan antara pola asuh orang tua terhadap arah pilihan karier dengan taraf signifikasi: jika sig > 0.05 maka Ho diterima, dan jika nilai sig < 0.05 maka H1 diterima. Dari data diatas diketahui bahwa variabel X1 (pola asuh) memiliki taraf signifikasi 0,00 < 0,05 maka H1 diterima. Dengan demikian Variabel pola asuh orang tua memilliki hubungan signifikan secara parsial terhadap pilihan karier. Hubungan variabel motivasi belajar secara sendiri-sendiri juga berhubungan terhadap arah pilihan karier dengan taraf signifikasi: jika sig > 0.05 maka Ho diterima, dan jika nilai sig < 0.05 maka H1 diterima. Dari data diatas diketahui bahwa variabel X2 (motivasi belajar) memiliki taraf signifikasi 0,00 < 0,05 maka H1 diterima. Dengan demikian Variabel pola asuh orang tua memilliki hubungan signifikan secara parsial terhadap pilihan karier. Dari hasil uji regresi secara simultan (bersama-sama), dapat diketahui bahwa terdapat hubungan variabel X1 (pola asuh orang tua) dan X2 (motivasi belajar) secara bersama-sama mempengaruhi variabel Y (arah pilihan karier. Hipotesis yang diajukan adalah: H0 = Tidak terdapat hubungan yang signifikan variabel pola asuh orang tua dan motivasi belajar secara simultan (bersama-sama). H1=Terdapat hubungan yang signifikan variabel pola asuh orang tua dan motivasi belajar secara simultan (bersama-sama) terhadap pilihan karier peserta didik. Dasar pengambilan keputusan: Bila sig > 0.05 maka Ho diterima. Bila nilai sig < 0.05 maka H1 diterima. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan diketahui bahwa nilai sig adalah sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “ada hubungan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap arah pilihan karier peserta didik di MA Nurul Muchlisin Pakondang Rubaru tahun 2013”, diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Motivasi Belajar, Karier
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 04 May 2018 06:26
Last Modified: 04 May 2018 06:26
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item View Item