Hubungan Bimbingan Pribadi Sosial dengan Penyesuaian Diri Siswa SMP Negeri 2 Kalianget Tahun Pelajaran 2013-2014

Yuliana, Yuliana (2013) Hubungan Bimbingan Pribadi Sosial dengan Penyesuaian Diri Siswa SMP Negeri 2 Kalianget Tahun Pelajaran 2013-2014. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
CAVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Yuliana. 2013. Hubungan Bimbingan Pribadi Sosial dengan Penyesuaian Diri Siswa SMP Negeri 2 Kalianget Tahun Pelajaran 2013-2014. Skripsi. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Sumenep. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Kata Kunci: Bimbingan Pribadi Sosial, Penyesuaian Diri. Bimbingan Pribadi sosial adalah suatu proses pemberian bantuan kepada peserta didik yang mengalami gangguan emosi dan sosial untuk mengatasi kesulitan-kesulitan atau masalah yang bersifat pribadi dan sosial sebagai akibat dari kekurang mampuan anak dalam penyesuaian diri dengan lingkungannya agar anak dapat mandiri dan bertanggung jawab sesuai dengan kelainan dan kemampuannya. Penyesuaian diri merupakan proses kemampuan diri untuk dapat mempertahankan eksistensialnya untuk dapat hidup dengan survive dan memperoleh kesejahteraan jasmani dan rohani juga dapat mengadakan relasi yang memuaskan dengan tuntutan-tuntutan sosial di lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji apakah ada hubungan positif antara pemberian Bimbingan pribadi sosian dengan penyesuaian diri siswa SMP Negeri 2 Kalianget. Hipotesa pertama yang disajikan dalam penelitian ini adalah ada Hubungan Bimbingan Pribadi Sosial dengan Penyesuaian Diri Siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Yakni, mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor yang berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan koefisien korelasi. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui Skala psikologi. Populasi penelelitian ini adalah kelas VII dengan jumlah keseluruhan 124 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini memakai proportionate random sampling. Apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya populasi. Tetapi, jika jumlah subjeknya besar, dapat diambil antara 10-15 % atau 20-25 % atau lebih. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel 50 % dari populasi. Sehingga diperoleh sampel pada kelas VII-1 berjumlah 13 siswa, kelas VII-2 berjumlah 12 siswa, kelas VII-3 berjumlah 12 siswa, kelas VII-4 berjumlah 12 siswa, kelas VII-5 berjumlah 13 siswa dan jumlah keseluruhan sampel adalah 62 siswa. Adapun instrument penelitian ini menggunakan skala Bimbingan Pribadi Sosial yang berjumlah 88 item soal dan Skala Penyesuaian Diri yang terdiri dari 100 item soal. Hasil uji coba pada skala bimbingan pribadi sosial didapat hasil bahwa dari 88 item yang diuji cobakan ada 57 item yang valid dan 31 aitem yang gugur, dengan nilai koefisien terendah adalah -0,240 dan nilai koefisien tertinggi adalah 0,691. sedangkan Hasil uji coba pada skala penyesuaian diri didapat hasil bahwa dari 100 aitem yang diuji cobakan ada 60 aitem yang valid dan 40 aitem yang gugur, dengan nilai koefisien terendah adalah -0,084 dan nilai koefisien tertinggi adalah 0,728. Dengan demikian skala Bimbingan Pribadi sosial yang digunakan dalam penelitian sebanyak 57 item soal dan skala penyesuaian diri sebanyak 60 item soal. Hasil dari penelitian ini adalai Nilai r hitung dari hasil analisis uji r product moment adalah 0,517 > r tabel = 0,330 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menandakan bahwa ada hubungan bimbingan pribadi sosial dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi Sosial, Penyesuaian Diri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 04 May 2018 02:56
Last Modified: 04 May 2018 02:56
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item View Item