Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMP Negeri 2 Kalianget Tahun Pelajaran2013-2014

Dewi, Normalisa (2014) Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMP Negeri 2 Kalianget Tahun Pelajaran2013-2014. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
cover skripsi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Abstrak Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMP Negeri 2Kalianget Tahun Pelajaran2013-2014 Kata kunci : layanan bimbingan kelompok, disiplin belajar Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kembali kesadaran siswa terhadap disiplin belajar, salah satunya adalah memaksimalkan fungsi konselor dalam melaksanakan kegiatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Khususnya terhadap siswa yang kesadaran dalam disiplin belajarnya rendah. Dengan melihat tujuan bimbingan dan konseling, maka dalam hal membantu siswa untuk meningkatkan disiplin belajar yaitu dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Menentukan pilihan pada penggunaan layanan bimbingan kelompok sebagai solusi untuk menumbuhkan kembali kesadaran disiplin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kalianget. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan pre test and post test one group desaign menggunakan sampel sebanyak 33 siswa untuk pre test dan 10 siswa yang memiliki disiplin belajar rendah untuk post test. Pengumpulan data dengan menggunakan angket, diberikan sebanyak dua kali yakni sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan uji t. Hasil perhitungan analisis dijelaskan bahwa nilai pre test dan post test menunjukkan perbedaan, nilai rata-rata post test sebesar 126.70 menunjukkan lebih tinggi dari nilai rata-rata pre test sebesar 109.40 dikarenakan adanya perlakuan bimbingan kelompok. Diketahui bahwa nilai thitung adalah sebesar 6,159 > ttabel 2,262, sehingga Ha diterima dan berdasar signifikan 0,00 < 0,05 berati Ho ditolak. Berdasarkan data diatas dapat diketahui bahwa ada perbedaan disiplin belajar siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dan layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan kelompok, disiplin belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2018 07:14
Last Modified: 21 May 2018 07:14
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item