EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS IX DI SMPN 2 SARONGGI TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015

Indira, Ayusiswari (2014) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS IX DI SMPN 2 SARONGGI TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (cover)
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
7. Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengesahan Pembimbing)
2. Pengesahan pembimbing.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengesahan Penguji)
3. Pengesahan penguji.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pernyataan)
4. Halaman pernyataaan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
11. Daftar pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas IX SMPN 2 Saronggi Tahun Pelajaran 2014 - 2015 Kata kunci : Bimbingan kelompok, Rasa Percaya Diri Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya rasa percaya diri siswa kelas IX di SMPN 2 Saronggi. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah ada beberapa siswa yang mempunyai rasa percaya diri yang rendah, mereka selalu merasa cemas dan gugup ketika harus berinteraksi dengan teman – temannya yang lain dan juga meraka tidak bisa berpartisipasi secara aktif di kelas karena mereka merasa takut jika harus bertanya ataupun menjawab pertanyaan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan jenis rancangan one group pretest – posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala rasa percaya diri yang digunakan untuk mengetahui rasa percaya diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 115 siswa sedangkan sampel penelitian berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan bantuan SPSS 16.00 For Windows . Data perhitungan diperoleh thitung = 5,120 sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 1% sebesar 2,819. Hal ini berarti perhitungan signifikan dan hipotesis kerja dalam penelitian ini diterima. Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa ada peningkatan yang positif dan signifikan dalam pemberian layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Hal ini terbuktidari hasil uji t, bahwa thitung (5,120) > ttabel (2,819) untuk α = 1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas IX.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok, Rasa Percaya Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2018 02:19
Last Modified: 21 May 2018 02:19
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item