PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

NURVIANA, SAFARIA (2015) PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img] Text (Cover)
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NURVIANA SAFARIA, pengaruh percaya diri terhadap prestasi belajar siswa, skripsi, bimbingan konseling,STKIP PGRI SUMENEP, 2013. Kata Kunci : Percaya Diri, Presatasi Belajar Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensisumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan pengajaran. Yang mana tujuan dari pendidikan adalah memanusiakan manusia seutuhnya.Siswa sebagai individu diharapkan dapat menggali potensi diri danmengembangkan rasa percaya diri didalam kehidupannya sehari-hari. Dengan rasa percaya diri yang dimilikinya, individu siswa akan sangat dengan mudahberinteraksi didalam lingkungan belajarnya. Rasa percaya diri adalah sikap percaya dan yakin akan kemampuan yangdimiliki, yang dapat membantu seseorang untuk memandang dirinya dengan positif dan realitis sehingga ia mampu bersosialisasi secara baik dengan orang lain. Seseorang yang selalu beranggapan bahwa dirinya tidak mempunyaikemampuan, merasa dirinya tidak berharga, merupakan gambaran diri orang yang mempunyai rasa percaya diri rendah. Setiap individu memiliki lingkungan dan latar belakang yang berbeda-beda, sehingga hal itu mempengaruhi kepribadian dan pembentukan rasa percaya dirinya dan tentu berpengaruh terhadap prestasi belajar disekolahnya. Dari latar belakang tersebut penulis ingin mengetahui bagaimana rasa percaya diri dan prestasi belajar serta pengaruhnya rasa percaya diri terhadap prestasi siswa di SMKNegeri 1 Kalianget.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa serta pengaruhnya rasa percaya diri terhadap prestasibelajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa dengan pengambilan sampel sebanyak 44 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode angket, pre-test post-test dan dokumentasi di gunakan sebagai data pelengkap. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, danReliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana menggunakan bantuan SPSS for Windows 16,00.Dari hasil pengujian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara percaya diri dengan pretasi belajar siswa SMKN 1 Kalianget sebesar 0,797 atau 79.7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini,hal ini dapat dilihat pada tabel R Square. Selain itu didapatkan nilai R sebesar 0,893. R merupakan koefisien korelasi antara X dan Y.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Presatasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mufti Syaifuddin
Date Deposited: 25 Jul 2018 03:06
Last Modified: 25 Jul 2018 03:06
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item