PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SARONGGI

Amita, Nurfajariya (2013) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SARONGGI. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN MITA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstraksi)
ABSTRAK MITA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I MITA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II MITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III MITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV MITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V MITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 2 Saronggi Tahun Ajaran 2013-2014 Kata kunci: bimbingan kelompok, Motivasi Belajar bimbingan kelompok memiliki peranan yang sangat penting karena dengan adanya pemberian layanan bimbingan kelompok menimbulkan sikap yang positif terhadap keadaan diri dan lingkungan mereka yang bersangkut-paut dengan hal-hal yang mereka bicarakan di dalam kelompok dan memiliki pemahaman yang objektif, tepat dan cukup luas tentang berbagai hal yang mereka bicarakan itu sehingga mampu termotivasi dalam belajar Populasi dalam penelitian ini berjumlah 118 siswa yang terdiri dari kelas VIIA – VIID dan yang menjadi Subjek penelitian berjumlah 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode non-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Random Sampling. Data dari penelitian dianalisa menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 For windows. Dari Hasil pengujian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa diperoleh nilai t test = 6.879 besarnya signifikansi = 0,000 dengan ketentuan harus lebih kecil dari 0,05, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Besaran pengaruh yang dihasilkan adalah sebesar 62.8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Bentuk pengaruh yang dihasilkan adalah positif, artinya semakin tinggi bimbingan kelompok maka semakin tinggi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 15 May 2018 04:40
Last Modified: 15 May 2018 04:40
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item