Pengaruh Teknik Bimbingan Kelompok dengan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Terate Pandian Sumenep Tahun Ajaran 2014:2015.

Diana, Sari (2013) Pengaruh Teknik Bimbingan Kelompok dengan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Terate Pandian Sumenep Tahun Ajaran 2014:2015. Skripsi thesis, STKIP PGRI Sumenep.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover n kata pengantar.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Teknik Bimbingan Kelompok dengan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Terate Pandian Sumenep Tahun Ajaran 2014:2015. Diana Sari Kata Kunci: Problem Solving, Kemandirian Belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa yang tidak mempunyai kemandirian cenderung melaksanakan tugas sekolah karena ada tekanan dari luar dirinya, adanya ketergantungan dan tidak adanya inisiatif sendiri membuat siswa kuarang mandiri dalam belajar. Adapun rumusan masalah yang diambil yaitu apakah ada pengaruh metode problem solving dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII MTsN Terate Pandian Sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII MTsN Terate Pandian Sumenep tahun ajaran 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif true experimental design, karena banyak menggunakan angka mulai dari pengumpulan data, penafsiran data dengan tujuan untuk menemukan persamaan-persamaan dan perbedaan dengan cara membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda atau pada waktu yang berbeda.Penelitian ini variabel independen adalah metode problem solving dan variabel dependen adalah kemandirian belajar.Jumlah sampel yang di ambil setelah perhitungan tiap kelas diambil sebanyak 8 responden, jadi sampel yang diambil sebanyak 48 responden dari 324 siswa. Instrumen pengumpulan data untuk kemandirian belajar menggunakan angket skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t Independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai nilai thitung sebesar 2.328 dan nilai signifikasi sebesar 0.022. Apabila diketahui nilai ttabelstatistik adalah 2.011 maka dapat diambil keputusan sebagai berikut bila nilai thitung<ttabelmaka H0 diterima, dan bila nilai thitung>ttabel maka Ha diterima maka dapat diinterpretasikan bahwa nilai thitung sebesar 2.328 >ttabelsebesar 2.011, sehingga hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh teknik bimbingan kelompok dengan metode problem solving untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII MTsN Terate Pandian Sumenep 2014-2015”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 09 May 2018 08:15
Last Modified: 09 May 2018 08:15
URI: http://repository.stkippgrisumenep.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item